Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Hari Touring Aceh-Malang Pakai Scoopy, Bensin Habis Rp 600.000

Kompas.com - 29/10/2023, 12:02 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com – Gelaran Honda Bikers Day (HBD) 2023 yang berlangsung di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur pada Sabtu (28/10/2023), menyisakan sejumlah kisah unik.

Salah satunya cerita dari peserta HBD 2023 yang berasal dari lokasi terjauh, yakni Mirza Ramadhan (25 tahun), dari komunitas Scoopy Langsa Aceh.

Mirza mengatakan, dirinya bersama seorang teman telah berkendara selama kurang lebih 17 hari dan menempuh perjalanan sekitar 6.000 Km, dari Aceh ke Malang.

Baca juga: Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik Ketika Berhenti di Jalan Menanjak

Gelaran Honda Bikers Day (HBD) 2023 berlangsung di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur pada Sabtu (28/10/2023),Dok. AHM Gelaran Honda Bikers Day (HBD) 2023 berlangsung di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur pada Sabtu (28/10/2023),

“Jadi tiga tahun kan acaranya enggak ada semenjak Covid-19. Ya ingin kemari, saya bela-belain ke Jawa Timur. Saya (inisiatif) sendiri, siapa yang mau gerak dari Aceh boleh,” ujar Mirza di sela-sela acara HBD 2023.

Mirza mengaku sangat termotivasi untuk datang ke acara kali ini. Hal tersebut karena sebelumnya juga sudah pernah ke HBD 2019 di Ambarawa.

Kali ini Mirza berkesempatan mengendarai Scoopy generasi keempat yang dilengkapi fitur ESP (Enhanced Smart Power) dan ISS (Idling Stop System). Lampu penerangan utama sudah LED, serta mengusung tipe rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame)

Baca juga: Pertolongan Pertama saat Mobil Mengalami Overheat

Warna baru Honda Scoopy jelang akhir tahun 2021Dok. AHM Warna baru Honda Scoopy jelang akhir tahun 2021

Dipilihnya Honda Scoopy sebagai teman perjalanan bukan tanpa alasan. Selain merupakan anggota komunitas Scoopy Langsa Aceh, skutik ini juga telah jadi tungganannya sejak 2014.

“Impresi aman-aman saja, nyaman, enggak ada masalah. Motor enggak ada ubahan, standar. Selama berkendara kita ganti saya ganti oli saja,” ucap Mirza.

“(Sudah) dua kali ganti oli, kampas rem aman. Scoopy sekarang kan kapasitas olinya kecil, sekitar 0,65 liter, saya jalan 1.500 Km sudah ganti, belum ada (pengurangan oli),” kata dia.

Baca juga: Kawasaki Kenalkan W230 dan Meguro S1 di JMS 2023

HBD 2023 dihadiri oleh peserta dari lokasi terjauh, salah satunya seperti Mirza Ramadhan (25 tahun), dari komunitas Scoopy Langsa Aceh.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA HBD 2023 dihadiri oleh peserta dari lokasi terjauh, salah satunya seperti Mirza Ramadhan (25 tahun), dari komunitas Scoopy Langsa Aceh.

Agar perjalanan aman dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Mirza mengatakan, dirinya menghindari berkendara malam selama di Pulau Sumatera.

Jadi setiap harinya, dia mulai berangkat pukul 7 pagi, lalu berhenti jam 6 sore. Di manapun tempat berhentinya, Mirza kabarnya menginap di sana.

“Kalau Sumatera kan kita enggak bisa sampai malam, karena rawan. Untuk bensin habis sekitaran Rp 600.000, itu bensin saja. Total dari Aceh ke Malang sekitar Rp 1,5 juta, sudah sama makan,” ujar Mirza.

“Ini kan mau tes juga adanya rangka eSAF. Selama kami jalani aman-aman saja, belum ada (rasa khawatir). Ke depan semoga Scoopy makin berkembang, ya kalau bisa naik bisa jadi 125 cc, saingan sama Vario,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com