Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beat dan Scoopy Hasil Curian Dijual ke Penadah Rp 3 Juta

Kompas.com - 04/08/2023, 07:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - OA (24 tahun) tersangka pelaku pencurian sepeda motor mengatakan, ada tiga motor yang paling diincar pelaku kejahatan, yaitu Honda Beat, Vario dan juga Scoopy.

Setelah berhasil membawa motor curian maka OA akan menjualnya secara putus ke penadah di Karawang, Jawa Barat. Motor hasil curian dihargai tergantung dari umurnya, makin baru makin mahal.

Baca juga: Diskon Motor Listrik Selis Bulan Ini Tembus Rp 5 Jutaan

"Kalau Beat yang baru (dijual) Rp 3 juta. Kalau Beat lama ada yang Rp 2,5 juta ada juga yang Rp 2 juta. Tergantung tahun," kata OA yang ditemui di Polsek Tambora, Jakarta Barat, Kamis (3/8/2023).

Polsek Tambora membongkar sindikat pencurian kendaraan bermotor dengan barang bukti sepeda motor total 18 unit sekaligus.Foto: Tangkapan layar Polsek Tambora membongkar sindikat pencurian kendaraan bermotor dengan barang bukti sepeda motor total 18 unit sekaligus.

OA mengatakan, motor semakin baru maka harganya semakin mahal. Adapun patokan Beat lama ini ialah kisaran umur tiga tahun ke belakang.

"Tahun 2019, 2020, itu sudah termasuk tahun lama," ujar OA.

OA mengatakan, setiap dia berhasil mencuri motor maka motor itu akan dikumpulkan terlebih dahulu baru kemudian dijual ke penadah.

Baca juga: Bikin Mika Lampu Mobil Kuning Jadi Bening mulai Rp 300.000

"Iya dikumpulkan dulu. Paling mentok lima (unit)," kata OA.

Polsek Tambora membongkar sindikat pencurian kendaraan bermotor dengan barang bukti sepeda motor total 18 unit sekaligus.Foto: Dokumentasi Polsek Tambora Polsek Tambora membongkar sindikat pencurian kendaraan bermotor dengan barang bukti sepeda motor total 18 unit sekaligus.

OA juga mengatakan, karena dia jual putus maka setelah motor di tangan penadah dia sudah tidak tahu lagi nasib motor tersebut, apakah kemudian dipereteli atau dijual ke daerah lain.

"Saya sudah tidak tahu lagi. Sudah terima uang saja kami. Tidak tahu. Entah mau dipakai, dijual, tidak tahu. Terima uang saja," kata OA.

Baca juga: Yamaha Bersaing dengan KTM Cari Tim Satelit Baru

OA yang sudah tiga kali tertangkap kasus pencurian mengatakan, Beat, Vario dan Scoopy paling mudah digasak. Meski ketiganya saat ini sudah memakai penutup lubang kunci bermagnet atau disebut Secure Key Shutter (SKS).

All New Honda BeAT meluncur di awal tahun 2020Gilang Satria/Kompas.com All New Honda BeAT meluncur di awal tahun 2020

Dengan kata lain, fitur yang semula dianggap dapat mencegah pencurian di motor entry level Honda tersebut saat ini mudah diakali oleh penjahat pencurian motor.

"Beat yang sudah pakai kunci magnet, itu sudah alatnya juga. Semua motor Beat kalau pakai alat itu pasti bisa dibuka," kata OA.

OA menjelaskan alat tersebut berupa kotak segi empat yang terdiri dari susunan empat magnet. Dengan menggunakan alat itu, pencuri dapat membuka lubang kunci magnet motor dengan mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com