Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Boks Motor Bagi Pengendara Wanita

Kompas.com - 28/10/2023, 17:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Pemasangan boks pada sepeda motor biasanya identik dengan motor touring. Tapi sebenarnya, komponen ini punya manfaat tersendiri, apalagi buat pengendara wanita alias ladies biker.

Wanita biasa jadi target jambret saat sedang berkendara, mengingat mereka sering membawa tas selempang. Apalagi kadang tak waspada terhadap sekitarnya, makin mudah saja.

Dimas Ngurah, Perwakilan dari Givi Indonesia mengatkan, dalam waktu dekat akan melaksanakan kampanye keselamatan, termasuk buat pengendara wanita.

Baca juga: Katros Luncurkan Modifikasi Motor Listrik, Dijual Rp 24,9 Juta

Perlatihan safety riding lady biker Honda oleh diler utama Honda Jawa Barat pada perayaan Hari Kartini, Jumat (21/4/2017).Istimewa Perlatihan safety riding lady biker Honda oleh diler utama Honda Jawa Barat pada perayaan Hari Kartini, Jumat (21/4/2017).

"Boks itu penting buat ibu, istri-istri yang antar anak ke sekolah. Cocok buat yang bawa ransel anaknya terus ditaruh di dek, itu enggak safety," kata Dimas di IMOS, Jumat (28/10/2023).

Paling aman, tas tadi disimpan di boks, dikunci, sehingga tidak mengundang jambret. Dimas menjelaskan, fungsi dari boks adalah penyimpan barang, mencegah jadi korban kriminal.

Baca juga: Kenali Risiko Matikan Mesin Mobil saat Kipas Radiator Masih Menyala


"Kita akan campaign ke situ, mengingatkan penggunaan boks itu bukan cuma untuk touring, tapi untuk harian," kata Dimas.

Terkait model apa yang cocok, sebenarnya disesuaikan dengan motornya, agar tidak mengganggu rasa berkendara. Untuk motor di bawah 250cc, paling cocok pakai yang ukurannya di bawah 45 liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com