Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Peminat, Produsen Motor Listrik Pasang Target Tinggi di IMOS 2023

Kompas.com - 28/10/2023, 13:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Motor listrik murah merupakan satu daya tarik utama yang menggoda pengunjung Indonesia Motorcycle Show (IMOS+), di ICE BSD Tangerang.

Mayoritas produsen motor listrik yang menjadi eksibitor juga sudah mengantongi sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), dengan angka di atas 40 persen dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Artinya, motor-motor listrik tersebut masuk ke dalam golongan penerima subsidi senilai Rp 7 juta dari pemerintah. Konsumen yang hendak membeli cukup memberikan KTP saja, potongan harga akan langsung diberikan.

Menimbang momentum IMOS diprediksi cukup ramai, beberapa eksibitor motor listrik memasang target jualan tinggi selama pameran, karena optimistis dengan harga yang ditawarkan.

Baca juga: Kesiapan Isuzu Indonesia Hadirkan Kendaraan Niaga Ramah Lingkungan

Pengunjung IMOS 2023 mencoba motor listrik murah yang dapat subsidi Rp 7 juta dari pemerintahKompas.com/Daafa Alhaqqy Pengunjung IMOS 2023 mencoba motor listrik murah yang dapat subsidi Rp 7 juta dari pemerintah

Greentech jadi salah satu pabrikan yang mematok target penjualan tinggi. Berbekal 7 motor listrik dengan banderol di bawah Rp 9 juta, menargetkan penjualan sebanyak 1.000 unit selama 5 hari pameran.

“Kemarin saja penjualan kami sudah tembus 500-an unit, jadi mungkin sekali mencapai target. Apalagi 2 hari ke depan itu weekend,” ucap Abdul Haris, PR Manager Greentech kepada Kompas.com, Sabtu (28/10/2023).

Target serupa juga dipasang oleh Selis, salah satu pabrikan lokal yang menyediakan empat model motor listrik murah bersubsidi di IMOS 2023.

Baca juga: Spesifikasi Greetech Unity, Motor Listrik Murah Harga Rp 5,3 Juta

Banyak motor listrik murah di IMOS 2023, harga mulai Rp 5,3 juta setelah dapat potongan subsidi Rp 7 juta dari pemerintahKompas.com/Daafa Alhaqqy Banyak motor listrik murah di IMOS 2023, harga mulai Rp 5,3 juta setelah dapat potongan subsidi Rp 7 juta dari pemerintah

Ferry Sartono, SPV Manager Selis menjelaskan, target jualan yang dipasang adalah sebanyak 500 unit, namun hingga Sabtu (28/10/2023), dia mengakui jika target tersebut sudah terlampaui.

“Sudah melebihi target, jadi sekarang target barunya ya jualan sebanyak-banyaknya,” kata dia.

KOOL EV-Motor, pabrikan motor listrik lokal lainnya asal Cikarang, Jawa Barat, juga mengaku memasang target jualan banyak selama IMOS 2023.

Walaupun produknya belum termasuk ke dalam daftar motor listrik penerima subsidi di laman Sisapira, KOOL EV mencoba mengambil jalan tengah dengan memberlakukan diskon-diskon besar.

Baca juga: Hasil Kualifikasi Balapan Supermoto, Indonesia Ungguli Perancis

Motor listrik lokal buatan Kool EV-MotorKompas.com/Daafa Alhaqqy Motor listrik lokal buatan Kool EV-Motor

“Intinya kami target jualan banyak. Sebelum-sebelumnya juga kami selalu sukses besar selama pameran. Terakhir kali di PRJ (pekan raya Jakarta), itu sukses juga,” kata Christian Nico Sudarmadji, Direktur Utama PT Kool EV-Motor.

Untuk diketahui, pameran IMOS 2023 akan digelar selama 5 hari, mulai Rabu (25/10/2023) sampai Minggu (29/10/2023) di ICE BSD, Tangerang. Selain motor listrik, ajang ini juga menyediakakan beragam produk menarik lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com