Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Greetech Unity, Motor Listrik Murah Harga Rp 5,3 Juta

Kompas.com - 28/10/2023, 09:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023, diwarnai dengan hadirnya beragam pilihan motor listrik murah bagi konsumen. Untuk beberapa model, banderolnya bahkan tidak lebih dari Rp 10 juta.

Motor listrik termurah yang ada di IMOS 2023 adalah Greentech Unity. Banderol normalnya adalah Rp 12,3 juta, namun setelah ada subsidi dari pemerintah, harganya anjlok menjadi Rp 5,3 juta saja.

Konsumen yang berminat membeli selama IMOS juga tidak akan kesulitan. Sebab menurut Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 21 Tahun 2023, semua masyarakat pemilik KTP dianggap sebagai penerima subsidi motor listrik.

Abdul Haris, PR Manger Greentech menjelaskan, pihaknya juga mempermudah proses SPK motor listrik selama masa pameran. Ada jaminan ketersediaan produk dan kecepatan waktu pengiriman.

Baca juga: Efek Buruk Isi Radiator dengan Air Minum Kemasan

Banyak motor listrik murah di IMOS 2023, harga mulai Rp 5,3 juta setelah dapat potongan subsidi Rp 7 juta dari pemerintahKompas.com/Daafa Alhaqqy Banyak motor listrik murah di IMOS 2023, harga mulai Rp 5,3 juta setelah dapat potongan subsidi Rp 7 juta dari pemerintah

Pembeliannya boleh cash, boleh kredit juga. Cukup bawa KTP saja sudah bisa dapat potongan Rp 7 juta dari subsidi,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (26/10/2023).

Menyoal spesifikasi dari Greentech Unity, motor listrik ini bisa dikatakan lumayan mumpuni untuk penggunaan harian, karena jumlah baterainya cukup banyak dan ada beberapa komponen pendukung lainnya.

Membahas dari segi tampilan, Greentech Unity nampak seperti Yamaha Fino yang sedikit dikerdilkan. Dimensinya ramping, namun masih cukup nyaman untuk dikendarai sendiri.

Baterai yang digunakan berjenis Sealed Lead Acid (SLA) dan jumlahnya 5 blok dirangkai seri, sehingga kapasitasnya jadi sebesar 60 volt 32 Ah.

Baca juga: Givi Luncurkan Boks Baru dan Sarung Tangan Hevik

Baterai motor listrik jenis Super GrapheneKOMPAS.com/daafa Baterai motor listrik jenis Super Graphene

Berdasarkan klaim Greentech, kapasitas baterai tersebut membuat Unity memiliki daya jelajah sekitar 90 kilometer sampai 100 kilometer, dalam sekali pengecasan penuh.

Daya jelajahnya yang cukup jauh dipengaruhi pula oleh output tenaga dinamonya yang tidak terlalu besar. Jenisnya adalah hub-drive, dengan daya maksimal 1.000 watt.

Kendati demikian, Greentech mengklaim jika Unity masih nyaman digunakan karena memiliki kecepatan maksimal hingga 60 kpj.

Baca juga: Unik, Polisi Ciptakan Wayang Lalu Lintas sebagai Edukasi Keselamatan

Pengunjung IMOS 2023 mencoba motor listrik murah yang dapat subsidi Rp 7 juta dari pemerintahKompas.com/Daafa Alhaqqy Pengunjung IMOS 2023 mencoba motor listrik murah yang dapat subsidi Rp 7 juta dari pemerintah

Haris menjelaskan, motor listrik ini ditargetkan kepada pembeli pertama yang baru mulai menggunakan motor listrik, untuk keperluan transportasi ringan.

“Daya angkutnya 175 kilogram, untuk boncengan sudah sangat cukup. Cocok dijadikan kendaraan pelengkap di rumah,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com