Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Kualifikasi Balapan Supermoto, Indonesia Ungguli Perancis

Kompas.com - 28/10/2023, 09:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan panas di putaran terakhir SuperAdventure International Supermoto Race Seri Kejurnas 2023 mulai terasa sejak sesi kualifikasi yang diadakan di Sirkuit Parkir Barat JIEXPO Kemayoran, Jumat (27/10/2023).

Ketegangan sudah terasa bahkan sejak di area paddock, di mana rider-rider terbaik Tanah Air akan berebut pole position untuk beraksi di final race yang akan dihelat sore hari ini, Sabtu (28/10/2023).

Berbeda dengan empat perhelatan yang sudah diselenggarakan sepanjang 2023, seri pamungkas ini terdapat kelas khusus FFA 450 International yang berisikan duo rider supermoto kelas dunia, yaitu Germain Vincenot dan Sylvain Bidart.

Baca juga: Toyota Indonesia Perkuat Daya Saing Industri Otomotif Nasional

Sylvain Bidart dan Germain Vincenot, Tandem pebalap SuperMoto asal perancis, siap berlaga di Superadventure 2023Genta Sylvain Bidart dan Germain Vincenot, Tandem pebalap SuperMoto asal perancis, siap berlaga di Superadventure 2023

Tandem pebalap asal Perancis ini akan menambah intensitas kompetisi, dan siap bersaing dengan sejumlah rider elite Indonesia seperti Tommy Salim, Farudilla Adam, Doni Tata, dan Yasiin Somma.

Berdasarkan hasil FP1 kelas FFA 450 International, pole position berhasil diraih oleh Tommy Salim dengan torehan waktu 39.203 detik.

Catatan waktu tersebut membuat Tommy sukses mengungguli tandem Perancis, yakni Germain Vincenot di posisi kedua dengan 39.205 detik dan Sylvain Bidart di urutan ketiga dengan 39.236 detik.

Usai melahap lintasan dengan panjang 800 meter di sesi free practice dan kualifikasi, Germain Vincenot merasa percaya diri bisa meraih hasil maksimal pada race day besok.

Baca juga: Tandem Pebalap Perancis Siap Ramaikan Puncak SuperMoto di Jakarta

Sylvain Bidart dan Germain Vincenot, Tandem pebalap SuperMoto asal perancis, siap berlaga di Superadventure 2023Genta Sylvain Bidart dan Germain Vincenot, Tandem pebalap SuperMoto asal perancis, siap berlaga di Superadventure 2023

“Kami telah menjalani free practice dan telah berjalan dengan cukup bagus. Lintasannya juga cukup bersih, dan kami merasa tikungan begitu aman. Mengenai rintangan kayu (tanjakan) kami juga merasa bagus,” kata Germain kepada awak media.

Sementara itu, Sylvain Bidart memprediksi balapan akan berlangsung sengit mengingat para rider top Tanah Air akan ambil bagian.

“Besok kami akan berada dalam balapan yang gila, saya rasa akan sangat sulit untuk melakukan overtake di sejumlah tikungan. Namun kami berusaha mencari cara untuk itu. Kami mempunyai peluang disejumlah tikungan,” ucap Sylvain.

Baca juga: Hasil Practice MotoGP Thailand 2023, Martin Tercepat

Adapun di kelas utama FFA 250, kejar-kejaran torehan waktu tercepat di babak kualifikasi terjadi antara Farudilla Adam, Tommy Salim, Yaasin Gabriel Somma dan Doni Tata.

Melewati rangkaian kualifikasi dan fase Super Chrono, pole position berhasil direngkuh oleh Tommy Salim dengan catatan waktu 38.921 detik. Sementara posisi kedua dan ketiga dihuni oleh Yasiin Somma (38.953 detik) dan Farudilla Adam (39.031 detik).

Keseruan perebutan tempat terdepan pada race juga terjadi di kelas utama Trail 175 Junior. Rider muda seperti Benaya Farel, Chandra Hermawan dan Satria Handika saling menorehkan waktu tercepat demi meraih tempat terdepan dan menjaga asa meraih titel juara umum.

Untuk diketahui, seri pamungkas SuperAdventure SuperMoto akan digelar di area Parkir Barat JIEXPO Kemayoran pada Sabtu (28/10/2023). Ajang balapan ini juga gratis dan terbuka bagi siapa saja yang hendak menyaksikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com