Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Microbus Pengantar Jenazah Mewah, Ada Fasilitas Karaoke

Kompas.com - 19/10/2023, 09:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil jenazah pada umumnya menggunakan desain standar baik itu dari segi interior dan eksterior. Namun, baru-baru ini beredar foto di media sosial satu mobil jenazah dengan konsep eksterior yang manis dan interior super mewah. 

Mobil dengan warna pink berhiaskan gambar bunga lotus atau teratai tersebut merupakan milik pelayanan kedukaan bernama Tiara untuk mengakut jenazah.

Kendaraan yang digunakan merupakan jenis microbus dengan balutan bodi Jetbus3+ Jumbo dari Karoseri Adiputro.  Sementara itu, untuk bagian kabin menggunakan rancangan dari Baze

Katerin Budiardja, Direktur PT Bahana Selaras (Baze) mengatakan, mobil jenazah ini ditopang oleh sasis dari Hino. 

"Ini mobil jenazah jenis mikrobus untuk layanan keduakaan Tiara di Surabaya. Ini pakai sasis Hino. Konsep interior mobil jenazah mewah memang saat ini masih jarang dimiliki oleh layanan rumah duka cita untuk mengantar jenazah," kata Katerin kepada Kompas.com, Rabu (18/10/2023). 

Baca juga: Ekspor Toyota Indonesia Naik 2,5 Persen, Kontribusi Hybrid Meningkat

Tampilan kabin mobil jenazah mewah buatan BazeYoutube Baze Tampilan kabin mobil jenazah mewah buatan Baze

Adapun untuk bagian kabin mobil jenazah tersebut dirancang desain gaya luxury sehingga memberikan nuansa elegan dan juga mewah. Tidak hanya itu, beberapa komponen yang disematkan juga serba canggih dan modern. Misalnya pada pijakan kaki penumpang yang hadir dengan model elektrik.

"Untuk memasukan petinya itu elektrik tidak perlu didorong lagi. Ada sistem yang bisa bikin petinya bisa keluar atau masuk sendiri dari mobil," kata Katerin.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BAZE | Luxury Car Modificator (@baze.luxury)

Baca juga: Alasan Suku Cadang Ford Ranger dan Everest Harganya Mahal

Kemudian bangku untuk keluarga pengantar jenazah yang ada di area tengah menggunakan captain set. Bangku tersebut juga hadir dengan model elektrik, sehingga hanya dengan tekan tombol satu kali maka bisa posisi kemiringan dan juga sandaran kaki bisa diatur.

Kemudian ada juga windshield elektrik untuk pemisah ruang pengemudi dan ruang tempat duduk keluarga yang mengantar jenazah. Windshield elektrik juga punya fitur magic mirror.

Ada juga TV monitor lipat, ruang karaoke, meja lipat, strorage, minibar, lampu pilar, coolbox, steker, port usb, air purifier, dan luxury plafon.

"Untuk modifikasi ini menghabiskan dana sekitar Rp 400 juta. Hampir semua isi kabin kita ubah. Kita jual konsep juga karena ini jarang," kata Katerin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com