Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Lapor Polisi jika Melihat Pengendara yang Bermasalah di Jalan

Kompas.com - 18/10/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, menyesalkan sikap sebagian pengendara saat menjumpai suatu masalah atau kendala di jalan.

Pasalnya, sikap pengendara ketika menjumpai masalah seperti kecelakaan, konflik, dan semacamnya, seringkali hanya merekam dan memviralkan saja di media sosial.

Alih-alih mengumbar suatu peristiwa, langkah bijak yang sejatinya harus dilakukan adalah membuat laporan kepada Polisi, selaku aparat penegak hukum.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Sub Direktorat Penegakkan Hukum (Kasubdit Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jhoni Eka Putra, sebagai tanggapan atas kasus pengguna pelat dinas Polri palsu yang saat ini sedang viral.

Baca juga: Dashcam Bisa Mempermudah Proses Hukum Korban dan Pelaku Laka Lantas

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKARTA UTARA INFO (@jakut.info)

“Kasus itu (pengguna pelat dinas palsu) juga kami bergerak sendiri, karena enggak ada laporannya, enggak ada pihak yang melaporkan insiden itu,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (17/10/2023).

Eka menegaskan, pelaporan suatu insiden yang dirasa merugikan salah satu pihak adalah satu poin vital di mata hukum, karena hal itu dianggap sebagai awal dimulainya penyelidikan dan investigasi.

Jika tidak ada laporan, hal itu sama saja dengan tidak ada pihak yang merasa dirugikan, dan proses penindaklanjutan tidak bisa dimulai.

Menurut Eka, kebiasaan memviralkan semacam ini sudah cukup sering terjadi, dan terkesan mencari sensasi saja, tanpa upaya memperoleh solusi dari segi hukum.

Baca juga: Kampanye Keselamatan dan Keamanan Honda bagi Pengguna Jalan Raya di Bangli

Peristiwa kecelakaan tiga mobil terjadi di Jalan Tol MBZ KM 26B arah Jakarta, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Senin (9/10/2023). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini.Bidikan layar Instagram @jakarta.terkini Peristiwa kecelakaan tiga mobil terjadi di Jalan Tol MBZ KM 26B arah Jakarta, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Senin (9/10/2023). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini.

“Sempat ada juga kasus orang bikin video kecelakaan karena keserempet, diviralkan. Kami sudah menunggu dan meminta korban membuat laporan, tapi kami tunggu-tunggu, tidak ada laporannya,” kata dia.

Eka berharap masyarakat pengguna jalan untuk bersikap lebih bijak dalam menyikapi masalah. Jika menjumpai kendala saat berlalu lintas, jangan sungkan untuk melapor ke kantor Polisi.

“Silahkan melapor kalau memang ada hal-hal yang tidak pas, supaya kami (Polisi) juga bisa langsung menindaklanjuti,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com