Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Performa Terbaik Diggia di MotoGP Mandalika 2023, Nyaris Podium

Kompas.com - 17/10/2023, 19:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada MotoGP Mandalika 2023 yang digelar di Sirkuit Mandalika, performa Fabio Di Giannantonio berhasil membuat dirinya jadi pebalap tim satelit tercepat. Dia berjuang sendirian tanpa rekan setimnya, yakni Alex Marquez.

Alex terpaksa mundur dari MotoGP Mandalika 2023 setelah menyadari kondisi fisiknya masih belum sempurna. Sehingga, rekan setimnya yang akrab disapa Diggia tersebut harus balapan sendirian.

Baca juga: Tanpa Alex Marquez, Diggia Tampil Maksimal di Sprint Race Mandalika

Meski demikian, kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat Diggia. Pebalap asal Italia ini berhasil finis di posisi keempat setelah start dari posisi ketujuh.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

"Akhir pekan yang luar biasa, dan yang paling penting karena kami selalu cepat dan melakukan balapan yang tak biasa. Permulaannya berjalan lebih buruk dari yang diharapkan, dan kehilangan beberapa posisi," ujar Diggia, dalam keterangan resminya.

"Saya tahu saya memiliki kecepatan motor yang baik dan perasaan yang baik dengan motor, jadi saya hanya memikirkan untuk mengendarai yang terbaik, dengan balapan yang panjang di depan saya,” kata Diggia.

Baca juga: Sah, Marc Marquez Resmi Jadi Pebalap Gresini Racing

Diggia menambahkan, performa yang ditunjukkan adalah evolusi yang konstan sepanjang akhir pekan, dan pekerjaan yang dilakukan oleh tim sangat luar biasa. Dia juga ingin mengapresiasi terutama yang dilakukan oleh kepala kru dan yang bertanggung jawab terhadap telemetri motornya, serta semua orang di garasi karena motornya sempurna, dan makin nyaman untuk balapan.

Sri Adinegara, Market Development Director PT PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), mendukung langsung Gresini Racing pada MotoGP Mandalika 2023Dok. Gresini Racing Sri Adinegara, Market Development Director PT PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), mendukung langsung Gresini Racing pada MotoGP Mandalika 2023

Sri Adinegara, Market Development Director PT PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI), mengatakan, hasil tersebut sekaligus menjadi kebanggaan Gresini Racing dan Federal Oil bisa masuk Parc Ferme bersama tiga pebalap pabrikan yang finis di Sirkuit Mandalika.

"Dukungan dari konsumen Federal Oil yang datang langsung ke Sirkuit Mandalika tentunya tidak sia-sia, ini membuat mereka bangga bisa menyaksikan pembalap Tim Gresini Racing untuk bisa meraih hasil terbaiknya," ujar Sri Adinegara.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

"Sangat disayangkan Alex Marquez tak bisa ikut tampil karena masih tak kuat merasakan nyeri di bagian rusuk, namun kehadirannya di sirkuit cukup membuat kegembiraan bersama konsumen yang datang ke Mandalika," ujarnya.

Dengan hasil tersebut, Diggia sekarang berada di peringkat ke-14 dengan total 70 poin. Sedangkan Alex, bertahan di peringkat ke-11 dengan total 108 poin.

MotoGP 2023 masih tersisa lima seri lagi dan akhir pekan ini akan digelar MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com