Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Pengecatan Ulang Mobil, mulai Rp 6 Jutaan

Kompas.com - 17/10/2023, 19:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Seiring pemakaian warna cat mobil akan terlihat lebih kusam dari kondisi baru meski beberapa perawatan dilakukan. Hal itu tidak menutup kemungkinan diperlukan pengecatan ulang mobil secara menyeluruh.

Hanya saja, pengecatan ulang mobil dalam skala penuh membutuhkan biaya tidak murah. Sehingga diperlukan alternatif agar mendapatkan harga lebih terjangkau namun hasilnya tidak terlalu buruk.

Seperti dengan mendatangi bengkel-bengkel body repair rumahan, biasanya mereka menawarkan tarif pengecatan bodi mobil lebih terjangkau.

Baca juga: Pilihan Baru Cat Kendaraan, Ada 1.600 Kombinasi Warna yang Bisa Dipilih

Cegah cat mobil berkarat dengan memperhatikan tempat parkir dan memberikan pelindung khusus.Kompas.com/Erwin Setiawan Cegah cat mobil berkarat dengan memperhatikan tempat parkir dan memberikan pelindung khusus.

Fairu, Pemilik Zabadi Body Repair mengatakan pengecatan ulang mobil full body memang tidak murah, namun demi menjaga tampilan kadang memang diperlukan.

“Bila hasil poles yang dilakukan kurang memuaskan, maka pengecatan ulang bodi penuh bisa jadi solusi, dengan demikian tampilan eksterior menjadi segar kembali,” ucap Fairu kepada Kompas.com, Selasa (17/10/2023).

Pria yang mendirikan bengkel body repair di rumahnya, di daerah Bayat, Klaten ini mengatakan banyak pengguna mobil meminta pengecatan ulang bodi mobil bila kondisinya sudah jelek.

Baca juga: Tren Cat Mobil di Dunia Otomotif, Warna Akromatik Masih Jadi Favorit

Poles bisa bikin cat mobil menjadi mengkilap tanpa coating.Fairu Poles bisa bikin cat mobil menjadi mengkilap tanpa coating.

Selain itu, Fairu juga mengatakan pengecatan ulang bisa dijadikan alternatif ketika bosan dengan warna eksterior mobil bawaan standar seperti beberapa pelanggan yang datang ke bengkelnya.

“Kami berupaya menjaga biaya paling terjangkau dan tidak mengabaikan kualitas, sehingga selain mengecatnya kami juga memastikan kondisi dempul pada mobil, setelah itu disampaikan estimasinya kira-kira habis berapa ke konsumen,” ucap Fairu.

Fairu mengklaim banderol yang ditawarkan termasuk murah jika dibandingkan dengan bengkel-engkel lain karena lokasi bengkelnya memang di rumah sendiri, sehingga tidak memikirkan biaya sewa lapak.

Baca juga: Hal Sepele yang Bikin Cat Mobil Cepat Kusam

“Estimasi biaya pengecatan ulang mobil full body untuk mobil kecil seperti Avanza mulai Rp 6 jutaan dengan catatan tidak membutuhkan dempul terlalu banyak, sementara mobil yang sedikit besar seperti Innova mulai Rp 7 jutaan,” ucap Fairu.

Untuk mendapatkan estimasi harga pasti, Fairu menyarankan agar mobil dibawa secara langsung ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga estimasinya lebih akurat.

Lokasi bengkel Zabadi Body Reapir tepatnya berlokasi di Dusun I, Wiro, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Jam bukanya, setiap hari kecuali Minggu dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com