Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Leasing buat Kendaraan Listrik Masih Minim, tapi Prospektif

Kompas.com - 17/10/2023, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut bahwa saat ini pembiayaan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) masih cenderung minim dengan kisaran kontribusi 0,01 persen dari total pembiayaan multifinance.

Meski begitu, menurut Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK, Agusman, sektor terkait masih sangat prospektif.

“Dengan perkembangan kendaraan listrik yang cukup pesat, diproyeksikan tren pembiayaan EV akan terus meningkat,” kata dia.

Baca juga: Soal Kendaraan Listrik, Peneliti BRIN Sebut Masyarakat Kurang Peka

Ilustrasi kendaraan listrik.(Dok. Shutterstock/Sopotnicki) Ilustrasi kendaraan listrik.

Agusman menjelaskan, dari perspektif pelaku industri pembiayaan terdapat beberapa kendala dan tantangan dalam pembiayaan kendaraan listrik.

Di antaranya ialah terkait ketersediaan charging station yang masih relatif terbatas, harga jual yang relatif lebih mahal, garansi purnajual termasuk baterai.

“Selain itu, ketersediaan baterai di pasaran, dan harga jual kendaraan listrik bekas yang masih belum ada kepastian,” jelasnya.

Baca juga: Masih Banyak yang Ragu Soal Biaya Kepemilikan Mobil Listrik

Di samping itu, lanjut Agusman, hal lain yang menjadi perhatian yaitu ketersediaan produk asuransi kendaraan listrik yang perlu melakukan penyesuaian dari sisi risiko.

“Kini, hal tersebut sudah menjadi concern dari Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan pelaku asuransi umum,” kata dia lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com