Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Umur Aki Zaman Sekarang Cuma 2 Tahun?

Kompas.com - 13/10/2023, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki merupakan komponen penting di kendaraan baik mobil atau sepeda motor. Secara sederhana aki atau accu berfungsi sebagai sumber listrik untuk menjalankan kendaraan.

Ada anggapan di masyarakat bahwa aki punya umur pakai. Jadi mau dirawat sebaik apapun jika dipakai secara rutin harian maka umur aki rata-rata cuma dua tahun dan kemudian konsumen perlu ganti baru.

Baca juga: Royal Enfield Siapkan Scrambler Pakai Mesin 650cc Dua Silinder

Membedakan aki GS Astra yang asli dan palsu. Aki palsu tidak terdapat tulisan Astra Otoparts.KOMPAS.com/Gilang Membedakan aki GS Astra yang asli dan palsu. Aki palsu tidak terdapat tulisan Astra Otoparts.

Afif Irvan, kepala toko Shop and Drive di Fatmawati, Jakarta Selatan, mengatakan, anggapan tersebut tidak salah karena memang saat ini umur aki hanya sekitar dua tahun saja.

"Iya. Memang kita berdasarkan pengalaman dan data juga, umur aki sekarang itu dalam artian sekarang mobil serba modern dan dalam artian rata-rata pakai listrik, jadi umurnya rata-rata 1-2 tahun," ujar Afif kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (11/10/2023).

Afif mengatakan umur aki zaman sekarang hanya berkisar dua tahun sebab kendaraan khususnya mobil saat ini mengonsumsi listrik yang besar beda dengan mobil-mobil zaman dulu.

Baca juga: United E-Motor Siap Bangun Pabrik Baterai Motor Listrik

Aki GS Astra ISSIstimewa Aki GS Astra ISS

"Kalau mobil-mobil dulu kan kelistrikannya masih jarang jadi aki hanya tujuannya cuma buat starter doang dan rata-rata aki mobil zaman dulu akinya gede-gede," ujar Afif.

"Jadi secara ampere gede jadi wajar kalau aki zaman dulu itu lebih lama umurnya, tapi kalau zaman sekarang kita sudah analisis rata-rata 1-2 tahun," ujarnya.

Adapun kata Afif untuk sepeda motor umur aki bisa lebih panjang dari dua tahun namun tergantung cara pakai.

Baca juga: Duet Indomobil - Inchcape Yakin Bisa Rajai Pasar Mobil Mewah Indonesia

kode produksi aki GS Astra dilihat dari 4 digit pertama.Kompas.com/Erwin Setiawan kode produksi aki GS Astra dilihat dari 4 digit pertama.

"Kalau motor sebetulnya lebih harusnya, pengalaman saya punya motor aki (bisa dipakai) lebih dari dua tahun, tapi tetap kita pakai patokan rata-rata umur aki segitu (1-2 tahun)," ujar Afif.

Sehingga sebaik apapun konsumen merawat aki jika waktunya rusak harus ganti. Perawatan aki bukan bermaksud menambah umur tapi menjaga kondisi aki tetap prima sehingga bisa terus dipakai secara optimal sesuai kapasitasnya.

"Tidak pengaruh kalau umurnya segitu, kalau rusak ya rusak. Kalau kita mau diawet-awetin ya tidak, kalau sudah segitu ya segitu. Inginnya bisa 3-4 tahun, mungkin ada beberapa bisa seperti itu, untung-untungan," kata Afif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com