Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Driver Ojek Online Bersihkan Ranjau Paku di Semanggi, Layak Diapresiasi

Kompas.com - 10/10/2023, 13:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ranjau paku memang masih sering ditemui di Jakarta. Bahkan di jalan protokol seperti Simpang Susun Semanggi, masih banyak tersebar ranjau.

Salah satu aksi jempolan dilakukan oleh driver ojek online (ojol) yang tergabung di Sapu Bersih (Saber) Ranjau Paku. Pada video yang diunggah akun Usmantomanto27, driver tersebut sedang menyapu di area Simpang Semanggi arah Pancoran, Senin (9/10/2023) Sore.

Pada video singkat tersebut, driver sedang berada di tengah jalan, menyapu pakai magnet. Memang terlihat besi-besi kecil yang bisa jadi penyebab ban bocor.

Baca juga: Ini Jenis Ranjau Paku yang Paling Berbahaya di Jalan

@usmantomanto27

 

? suara asli - usmantomanto27

 

Bahkan di video selanjutnya, terpantau sudah banyak ranjau yang dia ambil. Terlihat sekarang modelnya bukan paku lagi, tapi dari besi payung yang modelnya seperti huruf V, membuat angin lebih mudah keluar kalau tertusuk.

Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Ojek Daring Garda Indonesia Igun Wicaksono memberikan apresiasinya kepada aksi driver ojol tersebut, bekerja suka rela di jalanan walau dengan ancaman keselamatan diri.

"Saber Ranjau Paku merupakan wujud kepedulian rekan-rekan ojol pada khususnya dan masyarakat pada umumnya dalam membersihkan jalanan dari aksi kejahatan penyebar ranjau paku untuk keselamatan para pengendara lain," kata Igun kepada Kompas.com, Selasa (10/10/2023).

Baca juga: Bentuk Royal Enfield Himalayan Terbaru Bocor, Lebih Modern


Igun menjelaskan, tim Saber Ranjau Paku memang sudah dibentuk sejak 2016. Ada anggota dari driver ojol, mereka bergantian karena ada juga yang pribadi atau komunitas lain yang peduli keselamatan.

Aksi yang dilakukan driver ini perlu diapresiasi. Setidaknya sudah membantu mengurangi ranjau paku yang ada di jalan raya, risiko ban bocor bisa berkurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com