Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Pemprov DKI Berlakukan Lagi Tilang Uji Emisi

Kompas.com - 08/10/2023, 09:21 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tilang uji emisi Jakarta dicanangkan kembali berlaku pada bulan November 2023, walau sebelumnya sempat diberhentikan.

Ani Ruspitawati, Kepala Satgas Pengendalian Pencemaran Udara memastikan hal ini. Dia menjelaskan, aturan ini akan kembali efektif diberlakukan di beberapa wilayah Ibu Kota.

"Rencana awal November 2023 mendatang, tilang uji emisi kembali dilaksanakan di beberapa lokasi," kata Ani dalam keterangannya, Jumat (6/10/2023).

Baca juga: Kasus Pengamen di Lampu Merah Meresahkan di Medan, Langsung Lapor Saja ke Polisi

Pelaksanaan tilang uji emisi di Mal Taman Anggrek JakartaKompas.com/Daafa Alhaqqy Pelaksanaan tilang uji emisi di Mal Taman Anggrek Jakarta

Tilang uji emisi pertama kali diterapkan pada awal September 2023, namun sempat dihentikan karena ada beberapa kendala dan dinilai tidak efektif.

"Sempat dihentikan kemarin itu karena kita fokus memberikan akses seluas mungkin memberi warga buat ikuti uji emisi. Sekarang sudah cukup jadi tilang akan kembali diberlakukan," kata Ani.

Adapun terkait alasan kenapa tilang uji emisi kembali berlaku, A. Hariadi, Kasudin Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta Barat menjelaskan, ada dua faktor utama yang menjadi penyebab.

Baca juga: Urai Kemacetan, Kemenhub Kerjasama dengan Penyedia Jasa Transportasi

Ilustrasi uji emisi motor di bengkel Honda AHASSKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi uji emisi motor di bengkel Honda AHASS

Pertama, kadar polusi DKI Jakarta diklaim terus mengalami peningkatan hingga batas mengkhawatirkan. Emisi kendaraan bermotor adalah salah satu penyumbang polusi terbesar.

“Salah satu penyumbang polusi memang kendaraan bermotor, dan kita sendiri tahu seberapa intens arus kendaraan di Jakarta per-hari. Banyak sekali,” ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (7/10/2023).

DLH sendiri mengaku sudah melakukan beberapa upaya preventif untuk menekan angka polusi, seperti penggunaan water mist dan penambahan jumlah bengkel uji emisi, namun upaya tersebut dinilai kurang efektif.

Baca juga: Simak Kriteria Kendaraan Tidak Lulus Uji Emisi

Uji emisi gratis MMKSIMMKSI Uji emisi gratis MMKSI

Kendala ini memunculkan alasan kedua, yakni kesadaran masyarakat yang dinilai masih minim, dalam hal upaya melakukan uji emisi mandiri dan memastikan kondisi kendaraan pribadi milik masing-masing.

“Satu cara biar polusi turun kan harus mengupayakan kendaraan-kendaraan punya emisi karbon yang wajar, tahunya dengan cara uji emisi. Tapi sejauh ini, kesadaran untuk uji emisi masih kurang,” ucapnya.

Hariadi berharap, pengumuman kembalinya tilang uji emisi tidak menjadi momok, melainkan satu pesan kepada masyarakat agar lebih mawas dan taat terhadap regulasi.

“Kita kan berniat menciptakan udara sehat, yang go green dan go earth juga. Jadi sebaiknya itu (uji emisi mandiri) dilakukan, kalau bisa jadi rutinitas,” kata dia.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com