Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Lengkap Gesits Raya dari Desain, Performa, sampai Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 04/10/2023, 18:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Gesits Raya jadi motor listrik model baru yang meluncur pada IIMS 2023. Produk ini mengusung tampilan yang berbeda dibandingkan model sebelumnya, Gesits G1.

Gesits Raya-G memiliki desain yang terkesan lebih adventure berkat model setang telanjang. Bila diasumsikan sebuah skutik, motor listrik bergaya seperti Beat Street ataupun Nex Crossover.

Secara umum, Gesits Raya G punya tampilan yang tidak berbeda jauh dengan motor konvensional, membuat motor ini bakal lebih mudah diterima konsumen.

Baca juga: Kenali Penyebab Magnet Clutch Kompresor AC Mobil Rusak

Test ride motor listrik Gesits Raya GKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride motor listrik Gesits Raya G

Satu kekurangan motor ini, desain yang adventure yang kental, tidak diimbangi dengan kaki-kaki mumpuni.

Seandainya pakai ban dual purpose, mungkin bikin pengendara lebih percaya diri dan senada dengan kesan petualang yang diusung.

Selain dari sisi desain, persamaan Gesits Raya G dengan motor konvensional terletak pada sisi harga. Di mana motor listrik ini punya banderol yang setara dengan motor bensin kebanyakan, yakni Rp 27,9 juta on the road DKI Jakarta.

Baca juga: Ini Alasan Bus Baru PO EPA Star Pakai Sasis Tronton

Harga ini belum termasuk subsidi pemerintah sebesar Rp 7 juta. Artinya setelah potong diskon, harga motor listrik ini bisa menjadi Rp 20,9 juta, sekelas dengan skutik murah.

Perihal fiturnya, Gesits Raya G terbilang cukupan. Artinya, fitur yang disajikan sedang-sedang saja. Paling salah satu hal menonjol pada motor ini adalah penggunaan baterai Li-NCM 72 V 20 Ah atau setara 1,4 kWh. Gesits mengklaim baterai ini sanggup menempuh jarak hingga 60 Km.

Sementara dari sisi performa, Gesits Raya-G mengusung motor listrik mid drive 3.300 watt yang bertenaga sekitar 4 Tk pada 3.600 rpm dan torsi 26 Nm.

Baca juga: Mau Beli Toyota Rush Bekas, Kenali Dulu Penyakit Umumnya

Test ride motor listrik Gesits Raya GKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride motor listrik Gesits Raya G

Kemudian, terdapat fitur USB Port 5 V 1,2 A di dasbor depan. Kemudian ada ruang penyimpanan untuk botol minum 60 ml, termasuk gantungan barang di area dek tengah.

Adapun panel instrumen menggunakan layar LCD yang cukup terang saat siang hari. Layar ini menampilkan informasi kecepatan, putaran mesin, level baterai, range baterai, jam, odometer, dan penunjuk mode berkendara Low (Low) dan High (H).

Untuk menunjang kepraktisan dan kemudahan dalam penggunaan sehari-hari, Gesits Raya juga didukung gigi mundur yang bisa diaktifkan melalui tombol Reverse (R) di saklar kanan.

Baca juga: Promo Mobil Listrik Awal Oktober 2023, Ioniq 5 Diskon Rp 106 Juta

Test ride motor listrik Gesits Raya GKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride motor listrik Gesits Raya G

Beranjak ke bagian penerangan, lampu-lampu sudah mengusung LED semua. Di depan, pakai proyektor LED. Selain itu terdapat juga lampu hazard, engine error indicator, serta safety stand switch.

Sedangkan pada bagian kaki-kaki, Gesits Raya-G sudah didukung rem cakram di depan dan belakang. Sementara sokbreker pakai teleskopik di depan dan monoshock di belakang. Lalu, ban pakai ukuran 80/80 R-14 di depan dan 100/80 R-14 di belakang.

Meski begitu, motor listrik ini juga punya kekurangan. Gesits Raya-G tidak memiliki fitur rem regeneratif yang berfungsi untuk mengecas baterai saat motor melakukan deselerasi atau menutup gas.

Baca juga: Daftar Motor Bebek Bekas di Bawah Rp 10 Juta per Oktober 2023

Tampilan bagasi dan baterai motor listrik GesitsKOMPAS.com/ADITYO WISNU Tampilan bagasi dan baterai motor listrik Gesits

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com