Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Konsumsi Daya Motor Listrik Gesits Raya

Kompas.com - 01/10/2023, 11:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Gesits Raya G dijual dengan harga Rp 27,9 juta on the road DKI Jakarta. Banderol tersebut bahkan bisa lebih murah apabila konsumen mendapatkan subsidi motor listrik sebesar Rp 7 juta.

Seperti diketahui, setelah mendapat subsidi Gesits Raya G bisa dimiliki dengan harga Rp 20,9 juta. Selain cukup terjangkau, motor listrik ini memberikan impresi yang berbeda dibandingkan kompetitornya.

Motor listrik ini didukung baterai Li-NCM 72 V 20 Ah atau setara 1,4 kWh. Gesits mengklaim baterai ini sanggup menempuh jarak hingga 60 Km. Namun dalam pengetesan kami, hasil yang didapat rupanya berbeda.

Baca juga: Panas Ekstrem, Jangan Tinggalkan Barang-barang Ini di Kabin Mobil

Baterai motor listrik Gesits Raya GKOMPAS.com/ADITYO WISNU Baterai motor listrik Gesits Raya G

Dengan tarif listrik sebesar Rp 1.444,70 per kWh, maka biaya mengecas baterai Gesits Raya G sampai penuh hanya membutuhkan biaya Rp 2.022,58, khususnya buat rumah dengan daya listrik 900-2.200 VA.

Berdasarkan pengalaman redaksi Kompas.com, ketika menjajal Gesits Raya G pada rute Bogor-Jakarta sejauh 43,1 km, baterai tinggal tersisa 1 bar dan range baterai menyisakan 4,8 Km, dari sebelumnya 60 Km.

Artinya dengan biaya sekitar Rp 2.000, motor bisa dibawa melaju lebih dari 40 Km. Dan dengan kapasitas dua baterai, maka motor ini bisa menembus setidaknya 80 Km dengan biaya mengecas tak sampai Rp 5.000.

Baca juga: Motor Kloning Ducati Dijual Rp 42 Jutaan, Namanya Ducasu

Sedangkan untuk waktu pengecasan dengan daya listrik rumah 2.200 VA, Gesits Raya G paling cepat perlu waktu kurang lebih 3-4 jam sampai baterai full dengan mode fast charging 450 watt, yang bisa dipilih hanya dengan menekan tombol pada alat charger.

Adapun ketika memakai normal charging 250 watt, waktu pengecasan baterai menjadi lebih lama, sekitar 5-6 jam.

Secara umum, Gesits Raya G jadi pilihan menarik buat motor listrik berharga Rp 20 jutaan. Motor listrik ini punya performa yang cukup unggul dan biaya pemakaian yang murah buat sehari-hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com