Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Fitur Motor Listrik Gesits Raya, Harga Rp 20 Jutaan

Kompas.com - 27/09/2023, 20:02 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Meluncur di ajang IIMS 2023, Gesits Raya-G jadi salah satu alternatif motor listrik yang bisa dimiliki. Salah satunya berkat harga jual yang setara dengan motor bensin kebanyakan, yakni Rp 27,9 juta on the road DKI Jakarta.

Harga ini belum termasuk subsidi pemerintah sebesar Rp 7 juta. Artinya setelah potong diskon, harga motor listrik ini bisa menjadi Rp 20,9 juta.

Namun bagaimana soal fitur-fiturnya? Redaksi Kompas.com berkesempatan menjajal motor listrik ini untuk mengulas seperti apa kecanggihannya.

Baca juga: Marquez Jelaskan kenapa Honda Bisa Kencang di MotoGP India

Tampilan bagasi dan baterai motor listrik GesitsKOMPAS.com/ADITYO WISNU Tampilan bagasi dan baterai motor listrik Gesits

Pertama dari sisi performa, Gesits Raya-G mengusung motor listrik mid drive 3.300 watt yang bertenaga sekitar 4 Tk pada 3.600 rpm dan torsi 26 Nm.

Motor listrik ini didukung baterai Li-NCM 72 V 20 Ah atau setara 1,4 kWh. Gesits mengklaim baterai ini sanggup menempuh jarak hingga 60 Km.

Bicara soal fitur, Gesits Raya-G memang tidak begitu banyak. Di antaranya terdapat USB Port 5 V 1,2 A di dasbor depan. Kemudian ada ruang penyimpanan untuk botol minum 60 ml, termasuk gantungan barang di area dek tengah.

Baca juga: Polytron Fox R Dapat Subsidi, Kini Harganya Rp 13,5 Juta

Test ride motor listrik Gesits Raya GKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride motor listrik Gesits Raya G

Panel instrumen menggunakan layar LCD yang cukup terang saat siang hari. Layar ini menampilkan informasi kecepatan, putaran mesin, level baterai, range baterai, jam, odometer, dan penunjuk mode berkendara Low (Low) dan High (H).

Untuk menunjang kepraktisan dan kemudahan dalam penggunaan sehari-hari, Gesits Raya juga didukung gigi mundur yang bisa diaktifkan melalui tombol Reverse (R) di saklar kanan.

Beranjak ke bagian penerangan, lampu-lampu sudah mengusung LED semua. Di depan, pakai proyektor LED. Selain itu terdapat juga lampu hazard, engine error indicator, serta safety stand switch.

Baca juga: Tarif Bus Transjakarta Bakal Sesuai Status Ekonomi dan KTP Domisili

Test ride motor listrik Gesits Raya GKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride motor listrik Gesits Raya G

Adapun bagian kaki-kaki Gesits Raya-G sudah didukung rem cakram di depan dan belakang. Sedangkan sokbreker pakai teleskopik di depan dan monoshock di belakang. Sementara ban pakai ukuran 80/80 R-14 di depan dan 100/80 R-14 di belakang.

Meski begitu, motor listrik ini juga punya kekurangan. Gesits Raya-G tidak memiliki fitur rem regeneratif yang berfungsi untuk mengecas baterai saat motor melakukan deselerasi atau menutup gas.

Kemudian, ruang bagasi motor ini juga terbilang minim. Selain di laci depan, pengendara bisa memanfaatkan bagasi di bawah jok, namun karena ada baterai, alhasil hanya tersisa sedikit ruang buat jas hujan atau jaket tipis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com