Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korelasi Turbocharger dengan Performa Mesin Diesel

Kompas.com - 30/09/2023, 13:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Turbocharger tidak hanya ada pada mobil diesel, dewasa ini juga kerap dijumpai pada mobil bensin keluaran terbaru. Namun, kebanyakan memang dilengkapi turbo karena kebutuhan.

Mesin diesel membutuhkan turbocharger untuk meningkatkan kompresi karena seperti yang diketahui dapur pacu diesel butuh kompresi yang tinggi agar dapat membakar solar dengan lebih optimal.

Tidak mengandalkan percikan bunga api layaknya mesin bensin, mesin diesel hanya butuh penginjeksian bahan bakar yang tepat dengan memperhitungkan sudut injeksi, waktu penginjeksian dan jumlahnya.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Omoda 5 GT Bermesin 1.600 Turbo

Mesin dilengkapi turbochargergarretmotion Mesin dilengkapi turbocharger

Esa Pemilik Bengkel Denso Esa Diesel Solo mengatakan pemeriksaan kondisi turbocharger menjadi hal wajib saat hendak membeli mobil diesel, karena bila turbonya sudah rusak maka ke depannya akan membutuhkan banyak perbaikan.

“Tenaga mesin diesel tentu akan menurun jika turbocharger tidak mampu menekan udara masuk, sehingga penyetelan injektor untuk meningkatkan performa mobil tidak bisa dilakukan,” ucap Esa kepada Kompas.com, Jumat (29/9/2023).

Esa mengatakan ketika terjadi kendala pada turbochargernya, maka udara masuk menjadi kurang padat sehingga jumlahnya kurang.

Baca juga: Bocoran Chery Omoda 5 Varian Baru, Mesin Turbo Kapasitas Lebih Besar

Ilustrasi cara kerja mesin yang dilengkapi turbocharger Gambar.id Ilustrasi cara kerja mesin yang dilengkapi turbocharger

Ketika jumlah udara kurang maka kompresi yang dihasilkan juga akan berbeda, sehingga panas yang dihasilkan tidak sama yang berujung pada pembakaran tidak sempurna pada mesin diesel.

“Maka dari itu turbocharger harus dipastikan masih presisi, tidak oblak atau menimbulkan bunyi, harapannya mesin masih bisa disetel injektornya guna meningkatkan performa,” ucap Esa.

Esa menegaskan bila turbocharger pada mobil diesel sudah oblak, maka kalibrasi atau remap ECU tidak akan mampu meningkatkan performa mesin karena komponen mekanismenya bermasalah.

Baca juga: Adu Spesifikasi All New Honda CR-V Turbo dan New Mazda CX-5

“Saya pribadi tidak berani menjamin keberhasilan peningkatan performa dari setel injektor bila turbonya sudah rusak, diperbaiki dulu baru hasilnya akan baik,” ucap Esa.

Jadi, turbocharger pada mesin diesel memang sangat menunjang kemampuan dapur pacu dalam menghasilkan kompresi tinggi untuk kesempurnaan pembakaran BBM agar tenaga optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com