Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lengkap Omoda 5 GT Bermesin 1.600 Turbo

Kompas.com - 20/09/2023, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chery Sales Indonesia (CSI) akan meluncurkan Omoda 5 GT sebagai varian pelengkap dari keluarga Omoda 5 di Indonesia.

Meski hanya sekadar menjadi penambah varian, tapi secara spesifikasi Omoda 5 GT bisa dibilang lebih tinggi dari versi yang sudah dipasarkan sebelumnya.

Bahkan dengan performa yang jauh lebih baik, bisa membuat pemilik Omoda 5 sebelumnya cemburu.

Lantas apa saja spesifikasi dari Omoda 5 GT yang kabarnya bakal dipasarkan lebih mahal dari varian RZ tersebut, berikut pembahasan singkatnya.

Baca juga: Sensasi Geber Omoda 5 GT 1.600 Turbo, Lebih Responsif

Chery Omoda 5 GT 1.6 TurboKOMPAS.com/Adityo Wisnu Chery Omoda 5 GT 1.6 Turbo

Tampilan luas bisa dibilang tak berbeda dari Omoda 5 sebelumnya. Tapi untuk lebih menonjolkan brand Omoda, maka lambang Chery di bagian bumper depan dihilangkan, termasuk bagian belakang.

Hal ini membuat tampilan bumper dan gril depan lebih polos dan menarik. Dimensi pelek masih sama menggunakan ring 18, bedanya hanya pada bagian lis kelirnya saja.

Masuk ke interior, nuansa kabinnya terasa tak berbeda dengan balutan serba hitam, baik di dasbor sampai pelapis jok pada baris pertama dan kedua.

Baca juga: Jangan Langsung Nyalakan AC, Ini Jurus Cepat Usir Hawa Panas di Kabin Mobil

Chery Omoda 5 GT 1.6 TurboKOMPAS.com/Adityo Wisnu Chery Omoda 5 GT 1.6 Turbo

Tata letaknya juga sama, namun dari segi fitur ada peningkatan. Untuk Omoda 5 GT sudah terdapat tiga mode berkendara, yakni Sport, Normal, dan Eco, sementara versi sebelumnya hanya Eco dan Sport.

Perangkat sistem hiburan dari layar sentuh 20,6 inci ultra clear juga sudah tersemat dengan konksi Carplay dan Android Auto lengkap bersama 8 unit speaker keluaran Sony. Kamera panoramic 360 derajat juga sudah tersemat sebagai fitur standar.

Sayangnya, Omoda 5 GT dengan sajian performa yang lebih tinggi belum dilengkapi perangkat paddle shift di bagian kemudi. Padahal fitur ini bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih menarik.

Kelengkapan teknologi ADAS dengan 11 fitur juga sudah teraplikasi sebagai perangkat standar yang memang diberikan Chery pada setiap varian Omoda 5.

Bicara soal perbedaan paling signifikan, ada di sektor dapur pacunya. Chery kali ini menyematkan kapasitas mesin yang lebih besar, yakni 1.600 cc turbo.

Baca juga: Mulai Rp 5 Jutaan, Daftar Motor Listrik Subsidi Kini Mencapai 33 Model

Dengan peningkatan mesin 100 cc tersebut, otomatis membuat tenaga dan torsinya juga naik drastis. Tak heran bila performa di putaran bawahnya jauh lebih agresif.

Chery Omoda 5 GT 1.6 TurboKOMPAS.com/Adityo Wisnu Chery Omoda 5 GT 1.6 Turbo

Berdasarkan data di atas kertas, mesin 1.600 cc TGDI yang digunakan mampu menyalurkan tenaga 197 Hp dan torsi maksimal hingga 290 Nm. Beda dari versi 1.5 turbo yang hanya 145 Tk dan torsi 230 Nm.

Untuk memaksimalkan tenaga tersebut, maka transmisi juga diganti menggunakan dual-clutch transmission atau DCT 7 percepatan.

"Agar tenaga yang lebih optimal dari mesin 1.600 cc ini, maka untuk Omoda 5 GT ini kami tak menggunakan CVT tapi DCT. Bisa dibedakan sendiri, lebih padat dari putaran bawahnya," ucap Angga Sukmana Putra, Sales Training Supervisor PT CSI saat berbincang dengan Kompas.com di BSD, Tangerang, Senin (18/9/2023).

Baca juga: Video Viral, Modifikasi Pelat Nomor Diduga untuk Siasati ETLE

Chery Omoda 5 GT 1.6 TurboKOMPAS.com/Adityo Wisnu Chery Omoda 5 GT 1.6 Turbo

Urusan handling juga ikut direvisi dengan menyematkan suspensi multi link pada bagian belakang. Hal ini berdampak pada manuver yang lebih lincah dan rigid.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com