Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Spesifikasi All New Honda CR-V Turbo dan New Mazda CX-5

Kompas.com - 30/08/2023, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda CR-V 1.5 L Turbo sudah resmi meluncur. Salah satu pesaing di segmen sport utility vehicle (SUV) yang bisa dibandingkan dengan mobil ini adalah New Mazda CX-5.

Secara desain, kedua model ini terlihat layaknya SUV premium. Namun, tetap tidak menghilangkan karakter sporty dan tangguh khas SUV.

Baca juga: Adu Spesifikasi Honda CR-V e:HEV dan Toyota Corolla Cross HEV

Lampunya sama-sama sudah mengusung teknologi LED dan juga memiliki kemampuan adaptif. Namun, hanya CR-V Turbo yang dilengkapi dengan lampu kabut.

Komparasi All New Honda CR-V Turbo dengan New Mazda CX-5Kompas.com/Donny Komparasi All New Honda CR-V Turbo dengan New Mazda CX-5

Untuk bagian roda, baik CR-V Turbo maupun CX-5, sama-sama dibekali dengan pelek berdiameter 19 inci. Untuk Mazda, disebutkan peleknya sudah menggunakan material aluminium.

Masuk ke bagian interior, CX-5 sudah dilengkapi dengan teknologi head up display (HUD). Terdapat beberapa informasi yang diproyeksikan pada kaca depan, seperti penunjuk kecepatan dan cruise control. Sementara pada CR-V Turbo, belum terdapat fitur tersebut.

Baca juga: New Brio dan All New CR-V Dominasi Penjualan Honda di GIIAS 2023

Terkait performa, All New CR-V Turbo dibekali mesin berkapasitas 1.5 L DOHC, VTEC Turbo, 4-silinder segaris, 16-katup. Tenaga yang dihasilkan mencapai 187 tk pada 6.000 rpm dan torsi 240 Nm pada rentang 1.700 rpm hingga 5.000 rpm. Tenaganya disalurkan ke roda depan melalui sistem transmisi CVT.

All New Honda CR-V 1.5 L Turbo meluncur di GIIAS 2023Kompas.com/Donny All New Honda CR-V 1.5 L Turbo meluncur di GIIAS 2023

Sementara CX-5, mengusung mesin berkapasitas 2.5 L, Skyactiv-G, 4-silinder segaris, DOHC, 16 katup. Tenaga yang dihasilkan 187 tk pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 252 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan.


Mazda CX-5 EMI 6th Anniversary Edition hanya tersedia 60 unit. Berbeda dengan CX-5 biasa yang ada di pasaran, model ini menggunakan sistem penggerak seluruh roda atau all-wheel drive (AWD) KOMPAS.com/Gilang Mazda CX-5 EMI 6th Anniversary Edition hanya tersedia 60 unit. Berbeda dengan CX-5 biasa yang ada di pasaran, model ini menggunakan sistem penggerak seluruh roda atau all-wheel drive (AWD)

Jika dilihat dari data yang dikeluarkan masing-masing pabrikan, di atas kertas CX-5 sedikit unggul pada bagian torsi. Sementara untuk tenaga yang dihasilkan, kedua model tersebut setara. Namun, untuk sistem transmisi lebih unggul CR-V Turbo karena sudah mengandalkan CVT.

Soal harga, All New CR-V Turbo yang diimpor secara utuh dari Thailand saat ini dibanderol Rp 739,9 juta (OTR Jakarta). Sementara CX-5 yang didatangkan dari Jepang, dibanderol mulai Rp 608,8 juta (OTR Jakarta) untuk tipe Elite dan Rp 618,8 juta (OTR Jakarta) untuk Kuro Edition.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com