Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Warga Blokade Truk di Babelan karena Pungli, Ini Faktanya

Kompas.com - 25/09/2023, 13:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang menyebut warga melakukan blokade pada sejumlah truk di wilayah Babelan, Kabupaten Bekasi.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Tiktok bernama Si Tipong, Minggu (25/9/2023), terlihat sejumlah truk yang antre di Jalan Kedaung, Babelan, Kabupaten Bekasi.

Pada narasi tersebut dijelaskan bahwa warga mengeluhkan polusi yang terjadi akibat muatan tanah yang terjatuh ke jalan, sehingga aktivitasnya terganggu. Hal ini kemudian membuat warga memblokade sejumlah truk tersebut.

Baca juga: Kecelakaan Truk di Bawen, Sopir Hanya Punya SIM A

Pada tayangan itu juga terlihat sejumlah personel TNI dan petugas kepolisian yang diterjunkan untuk mengamankan situasi di lokasi.

“Sejumlah warga di area Jalan Kedaung Babelan, Kab.Bekasi ,Memblokade Truk Pada Minggu dini hari (24/9/2023). Warga mengeluhkan polusi yang terjadi akibat muatan tanah yang terjatuh ke jalan yang mengakibatkan sejumlah warga dan pengguna jalan terganggu ketika melakukan aktivitas,” tulis keterangan tersebut.

@rmlanmzr Sejumlah warga di area Jalan Kedaung Babelan, Kab.Bekasi ,Memblokade Truk Pada Minggu dini hari (24/9/2023). Warga mengeluhkan polusi yang terjadi akibat muatan tanah yang terjatuh kejalan yang mengakibatkan sejumlah warga dan pengguna jalan terganggu ketika melakukan aktifitas. Sejumlah Personil TNI dan Polisi di terjunkam untuk mengamankan situasi. Sekira jam 02.30 WIB area sudah kondusif dan warga sekitar membubarkan diri. ???? Tim KOSMI (Komunitas Sosial Media Indonesia). #karawang #bekasi #kotabekasi #cikarang #cikarangselatan #cikarangbarat #cikarangutara #sukatani #babelan #tambelang #tarumajaya #muaragembong #fyp #fyp??viral #fypage #fypbekasi #fypsupir #supir #supirtruck #fypsupirtrukindonesia ? suara asli - Si Tipong

Terkait hal ini, Kasi Humas Polres Metro Bekasi, AKP Hotma Sitompul mengatakan bahwa hal tersebut bukan karena adanya blokade jalan oleh warga di sekitar lokasi.

“Tidak ada blokade, itu karena kami mengamankan pelaku pungli, jadi wajar warga pada datang ke lokasi. Situasi setelah kita amankan orang yg melakukan pungli langsung normal kembali,” ucap Hotma Sitompul, saat dihubungi Kompas.com, Senin (25/9/2023).

Baca juga: Gresini Racing Kasih Petunjuk Soal Kabar Merekrut Marc Marquez

Sebelumnya memang sempat beredar video yang memperlihatkan banyak oknum melakukan pungli di wilayah Babelan, Kabupaten Bekasi, dan berjaga di sepanjang jalan saat truk melintas. Disebutkan dalam narasi video para oknum pungli memalak uang kepada sopir truk dengan nominal yang beragam.

Polisi pun membenarkan adanya pungli di lokasi dan menyebut bahwa para pelaku sudah ditindak.

“Intinya kita amankan para pelaku, warga berdatangan di lokasi. Rencana hari ini akan dipertemukan antara pengusaha dengan warga untuk mencapai kesepakatan itu,” kata Hotma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com