Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TVS Kembangkan Motor Listrik lewat Ajang Balap Satu Merek

Kompas.com - 25/09/2023, 11:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Produsen motor asal India, TVS, baru saja mengumumkan peluncuran seri balap motor listrik satu merek pertama di India.

Dilansir dari Ride Apart (24/9/2023), TVS Racing Electric One Make Championship atau e-OMC akan menjadi balap yang berpusat pada pengembangan platform motor listrik baru yang dikembangkan oleh TVS.

Meroketnya popularitas kendaraan listrik di India dan negara-negara tetangga dinilai jadi dasar inisiatif pengembangan balap motor listrik.

Baca juga: Bikin Segar Bebek Honda dengan Tampilan Super Cub C110

TVS X meluncur, harganya Rp 46 jutaanRUSHLANE TVS X meluncur, harganya Rp 46 jutaan

Pada gelaran ini, rencananya semua motor bakal memiliki spesifikasi yang sama lewat produk yang dijuluki TVS Apache RTE.

Mesin balap yang dibuat khusus oleh TVS diklaim menawarkan rasio power-to-weight tertinggi yang pernah ada.

Meski tidak mengungkapkan angka tenaganya, TVS mengatakan bahwa motor tersebut ditenagai oleh motor listrik dengan pengontrol berpendingin cairan.

Baca juga: PO Rosalia Indah Luncurkan Bus Tingkat Baru Rakitan Karoseri Laksana

Selain itu, paket baterai dibuat dari apa yang disebut sel “berkekuatan tinggi”. Meskipun masih sangat abstrak, penjelasan itu cukup memberikan gambaran tentang motor listrik berperforma tinggi.

Apalagi motor listrik ini turut mendapat seperangkat sistem suspensi dari Ohlins, rem Brembo, dan ban Pirelli Corsa, serta fairing yang seluruhnya terbuat dari serat karbon.

TVS e-OMC akan memulai debutnya pada putaran keempat Kejuaraan Balap Sepeda Motor Nasional India (INMRC).

Baca juga: Setelah Bawen, Kecelakaan Truk Akibat Rem Blong Terjadi di Lampung

TVS Apache RTE, motor listrik yang dikembangkan lewat ajang TVS Racing Electric One Make Championship atau e-OMCInstagram @tvsracing_official TVS Apache RTE, motor listrik yang dikembangkan lewat ajang TVS Racing Electric One Make Championship atau e-OMC

Balapan akan dimulai pada 29 September 2023, dan delapan pebalap pilihan TVS akan bersaing memperebutkan gelar juara.

“TVS Motor telah memperjuangkan balap sejak kami memulai tim balap pabrikan pertama di India,” ujar Sudarshan Venu, Managing Director TVS Motor Company, dikutip dari Ride Apart.

“Banyak teknologi yang kami pionir pada mesin balap, kami telah terapkan pada kendaraan produksi kami sehingga membentuk filosofi 'track to road',” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com