Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Kompas.com - 19/09/2023, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian mobil ada yang dibekali dengan perangkat kaca pada bagian atap. Perangkat kaca tersebut umumnya disebut sunroof. Tapi, sebenarnya ada beberapa jenis lainnya, seperti moonroof, panoramic roof, dan panoramic sunroof.

Untuk orang awam, banyak yang menyebut ketiga jenis perangkat kaca tersebut dengan sunroof. Padahal, ada perbedaan yang mendasar antara sunroof, moonroof, dan panoramic roof.

Baca juga: Atap Bus PO Pesona Pakai Sunroof Panoramic

"Sebenarnya, ada perbedaannya dari ketiga jenis tersebut. Untuk sunroof dan moonroof, itu perbedaannya hanya dari cara membukanya saja," ujar Avudt, punggawa Cibubur Auto Custom, kepada Kompas.com, belum lama ini.

pasang sunroof mobildok Cibubur Sunroof pasang sunroof mobil

Avudt menambahkan, untuk sunroof, buka kacanya ke atas atau slide out. Sedangkan moonroof, buka kacanya ke dalam atau slide in.

"Moonroof juga ada dua jenis, ada yang satu step dan dua step. Kalau satu step, itu cuma bisa buka dan tutup saja. Sedangkan untuk dua step, kacanya bisa tilt up atau jungkit sedikit," kata Avudt.

Baca juga: Alasan The New SUV Mitsubishi Tidak Pakai Sunroof

Avudt menambahkan, untuk sunroof dan moonroof juga kacanya hanya satu dan letaknya di atas baris pertama. Sedangkan untuk panoramic roof, kacanya berukuran besar, dari baris pertama sampai baris kedua.

Panoramic Sunroof Wuling New Almaz RSKOMPAS.com/Adityo Wisnu Panoramic Sunroof Wuling New Almaz RS

Kemudian, untuk panoramic roof posisi kacanya mati alias tidak bisa terbuka. Sementara untuk panoramic sunroof, kaca di bagian depan bisa terbuka.

Untuk panoramic roof, pada beberapa pabrikan ada yang memiliki sebutan tersendiri. Contohnya, pada Hyundai Ioniq 5, atapnya disebut dengan Vision Roof.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com