Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atap Bus PO Pesona Pakai Sunroof Panoramic

Kompas.com - 18/09/2023, 07:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbagai inovasi gencar dilakukan oleh perusahaan otobus (PO) guna menarik perhatian pasar. Kini, tidak hanya mobil penumpang keluaran terbaru saja yang menggunakan fitur panoramic atau sun roof. Fitur atap kaca yang bisa membuat cahaya dari bagian atap masuk ke kabin tersebut juga turut digunakan oleh bus.

Bagian atap bus yang disematkan kaca ternyata kini sudah digunakan sebagai rancangan beberapa karoseri bus. Biasanya fitur tersebut akan mengikuti permintaan dari perusahaan otobus (PO). Misalnya seperti PO Pesona yang menerapkan inovasi yang diberi nama panoramic sunroof pada salah satu busnya. 

Baca juga: Intip Spesikasi Truk Besar yang Viral di Tiktok

Atap bus memang tidak sepenuhnya terbuat dari kaca, hanya bagian tengahnya. Tepatnya di atas lorong yang sejajar dengan kursi barisan kedua dari bagian depan. Kaca tersebut juga bisa dibuka agar memudahkan udara keluar masuk.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PESONA TRANSPORT SERVICE (@buspesona)

Baca juga: Penyebab Pelat Nomor Tidak Mengikuti Huruf Depan Daerahnya

Adapun rancangan bus unik tersebut merupakan hasil kolaborasi PO Pesona dengan Karoseri Laksana. Unit dengan bodi SR3 HD Prime tersebut nantinya akan digunakan sebagai layanan bus pariwisata

Mas Wahid, pemilik PO Pesona mengatakan, inovasi panoramic kendaraan darat dulunya hanya milik mobil mewah, tapi fitur tersebut kini bisa di sematkan pada bus agar perjalanan lebih menyenangkan.

 "Pesona berusaha mewujudkan fitur-fitur yang tidak hanya asal melubangi, asal merubah, tetapi juga menambah kesan maksimal dalam perjalanan para tamu," Instagram @maswahid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com