Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Biaya Restorasi Honda Win, Ini Daftar Komponennya

Kompas.com - 19/09/2023, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pecinta otomotif roda dua tentu tidak asing dengan Honda Win 100, sepeda motor sport naked dengan ciri khas mengotak dari bodi, tangki, hingga ke desain lampu utamanya.

Honda Win 100 sekarang mulai menjadi motor koleksi. Namun karena tak sedikit yang kondisinya sudah tidak sebaik kondisi aslinya, motor sport naked ini perlu direstorasi.

Walaupun Honda Win sudah lama disuntik mati, konsumen rupanya tidak perlu khawatir kesulitan mencari spare part fast moving ataupun slow moving.

Baca juga: Toyota Alphard Bekas Silver Bird Dilego, mulai Rp 625 Juta

Restorasi Honda Win Foto: Jhon Clasik Restorasi Honda Win

“Spare part sekarang masih ada, gampang carinya online. Barang banyak yang NOS, banyak yang copotan. Sekarang kan kalau kita cari spare part Honda Win di grup-grup masih banyak,” ujar Tri Wahyudi, pemilik bengkel restorasi Rumah Pitung di Tangerang, Banten, kepada Kompas.com (18/9/2023).

Meski begitu, ada saja spare part yang sudah langka di pasaran, misalnya tangki. Salah satu sebabnya karena motor ini telah discontinue sejak 2005.

“Rata-rata tangki itu copotan dan restorasi, tapi kalau dapat yang restorasi dan sudah rembes, sudah deh wasalam. Jadi carinya yang tangki orian Win, atau KW-an Win,” ucap Tri.

Baca juga: Makna Kode Pada Pelat Nomor Kendaraan Dinas TNI

“Tangki kisaran Rp 400.000 sampai Rp 500.000. Itu kalau yang orinya lebih mahal, bisa Rp 1 jutaan atau Rp 2 jutaan,” kata dia.

Kemudian, spare part orisinal yang agak sulit dicari berikutnya adalah sokbreker depan. Menurut Tri, harganya bisa makin mahal apabila motor yang mau direstorasi sudah mengusung aliran semi-trail dan pakai rem cakram di depan.

“Wah cari sok yang orinya itu susah, kemudian cari sepatbor, jadi satu set kaki-kaki depan ganti semua. Termasuk segitiga depan, kan ganti anting-anting, nanti dipapras. Saya dulu habis Rp 1,2 juta ganti kaki-kaki depan,” kata Tri.

“Kalau spidometer yang orian dan KW beda di kualitas bahan. Harganya yang biasa Rp 150.000, tapi yang ori bisa sampai Rp 600.000 atau Rp 700.000. Knalpot jarang masalah, kecuali di lehernya rembes atau karatan,” ujarnya.

Baca juga: Honda Super Cub 110 Pro, Motor Bebek Pekerja Sejati Harga Rp 36 Jutaan

Honda Win 100 custom semi trail.Nur Imam Honda Win 100 custom semi trail.

Berikut ini kisaran harga komponen Honda Win 100 kondisi orisinil NOS (New Old Stock):

- Tangki bahan bakar: Rp 1,5 juta - Rp 2 juta
- Jok: Rp 1 juta - Rp 1,5 juta
- Spion: Rp 700.000 - Rp 1 juta
- Lampu depan: Rp 1,5 jutaan
- Spidometer: Rp 1 juta - Rp 1,5 juta
- Lampu sein: Rp 1 jutaan
- Behel/holder: Rp 600.000 - Rp 1 juta
- Karburator: Rp 1 jutaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com