Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Terlaris Agustus 2023, Ioniq 5 Memimpin

Kompas.com - 19/09/2023, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi penjualan kendaraan bermotor roda empat listrik berbasis baterai alias battery electric vehicle (BEV) di pasar nasional berhasil tumbuh 20,2 persen secara bulanan pada Agustus 2023.

Kondisi tersebut berbanding lurus terhadap peningkatan penjualan mobil nasional yang mencapai 10 persen pada periode sama, setelah sebelumnya sempat melambat menjadi 88.876 unit.

Hanya saja bila berbicara market share, diolah dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), masih tertahan pada kisaran 1,45 persen dengan total volume BEV sebesar 1.291 unit.

Baca juga: Daftar 10 Mobil Terlaris di Indonesia Agustus 2023

Salah satu contoh mobil listrik yang dipasarkan di Indonesia, Hyundai Ioniq 5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Salah satu contoh mobil listrik yang dipasarkan di Indonesia, Hyundai Ioniq 5.

Lebih rinci, dari total penjualan BEV itu, 75 persennya disumbang oleh dua model utama yang sudah dirakit di dalam negeri, yaitu Hyundai Ioniq 5 (38 persen) dan Wuling Air ev (37 persen).

Ioniq 5 yang sempat turun satu peringkat pada Juli 2023 karena mengalami penurunan pasar sampai 68 persen, berhasil merebut posisi sebagai BEV terlaris di dalam negeri kembali dengan torehan 496 unit.

Angka tersebut selisih tipis dari Air ev yang mencatatkan penjualan 480 unit. Terlepas dari persaingan itu, kedua mobil yang mendapatkan insentif pemotongan PPN 10 persen ini berhasil tumbuh 64 persen secara bulanan.

Mengikuti di belakangnya, kembali hadir Toyota bZ4X dengan total penjualan 89 unit. Jumlah terkait turun 57 persen dibandingkan satu bulan sebelumnya atau 207 unit.

Baca juga: Alasan Kenapa Telat Bayar Pajak Kendaraan Bisa Kena Tilang

Deretan mobil listrik Wuling Air ev dipamerkan di GIIAS 2023Dok. Wuling Deretan mobil listrik Wuling Air ev dipamerkan di GIIAS 2023

Sehingga BEV pertama dari Toyota yang diimpor secara utuh dari Jepang tesebut, kini hanya selisih tipis dengan model premiumnya, Lexus RZ 450e dengan penjualan 72 unit.

Menutup posisi lima besar mobil listrik terlaris di Indonesia pada Agustus 2023, terdapat Hyundai Ioniq 6 yang baru saja debut perdana dalam ajang GIIAS 2023. Tercatat, mobil terjual sebanyak 61 unit.

Beikut penjualan BEV di Indonesia pada Agustus 2023:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com