Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin AC Yaris Bakpao Tetap Dingin Meski Sudah Berumur

Kompas.com - 17/09/2023, 15:42 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Agar air conditioner (AC) optimal mendinginkan kabin mobil, maka perlu melakukan perawatan secara berkala.

Kondisi tersebut dilakukan untuk menjaga keawetan komponen AC, termasuk pada mobil yang sudah berumur seperti Toyota Yaris Bakpao.

Mobil yang pertama kali dipasarkan pada 2006 ini masuk dalam segmen hatchback, dan cukup populer di masanya.

Yaris tipe ini tetap diproduksi sampai 2013 sebelum akhirnya mengalami pembaruan ke generasi selanjutnya.

Desain yang unik membuat Yaris Bakpao memiliki penggemar tersendiri. Selain bentuknya yang mungil dan sedikit bulat mobil ini dilengkapi layar informasi di tengah, beda dengan mobil pada umumnya.

Baca juga: Tips Merawat Yaris Bakpao Biar Performa Tetap Prima

Ilustrasi teknisi melakukan pemeriksaan AC mobilFreepik/Prostooleh Ilustrasi teknisi melakukan pemeriksaan AC mobil

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan, Yaris Bakpao memiliki AC single blower karena memang kabinnya tidak terlalu luas.

“Dengan AC yang prima, udara di dalam kabin Yaris Bakpao akan tetap nyaman meski dikendarai di siang hari, namun bila tidak dirawat maka mungkin saja kemampuan AC-nya sudah menurun,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Sabtu (16/7/2023).

Pemilik bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini menjelaskan, AC pada Yaris Bakpao perlu dirawat agar kemampuannya tetap optimal serta mencegah kerusakan komponen.

Baca juga: Harga Toyota Yaris Bakpao Bekas mulai Rp 87 Jutaan

Minimal dilakukan penggantian oli kompresor setiap mobil menempuh jarak 20.000 Km atau setahun untuk menghindari terjadinya penyumbatan dan kerusakan kompresor.

“Selain itu, kami menawarkan perawatan yang lebih lengkap demi mendapatkan hasil yang optimal, seperti penggantian freon dan pembersihan komponen AC,” ucap Muchlis.

Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.KOMPAS.com/Gilang Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.

Muchlis mengatakan servis AC pada Yaris lawas dibagi menjadi dua jenis, yakni servis rutin ringan dan besar dengan rincian pekerjaan berbeda.

Baca juga: Beli Yaris Bakpao Disarankan Pilih Transmisi Matik

“Servis ringan meliputi pembersihan blower, kondensor, filter AC dan pengecekan sistem AC tanpa dilakukan pembongkaran, sedangkan servis rutin besar adalah pembersihan dengan cara dibongkar semua komponennya,” ucap Muchlis.

Dengan demikian dalam sekali melakukan servis rutin AC Yaris Bakpao membutuhkan biaya mulai Rp 300.000-Rp 500.000, tergantung mau dilakukan pembongkaran atau tidak saat prosesnya.

Untuk informasi lengkapnya, berikut rincian biaya servis AC rutin untuk Yaris Bakpao :

  1. Ganti oli kompresor ND 8, Rp 50.000
  2. Ganti freon, Rp 150.000
  3. Perawatan ringan AC rutin, Rp 100.000
  4. Perawatan besar AC, overhaul dashboard Rp 300.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com