Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Konsumsi BBM Yaris Cross Hybrid di Dalam Kota, Capai 24,5 Kpl

Kompas.com - 13/09/2023, 09:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKATA, KOMPAS.com - Penyematan teknologi hibirda pada suatu kendaraan bermotor, membuat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dan emisi gas buangnya lebih baik. Konsep ini juga berlaku bagi mobil berkarakter crossover yang punya stigma boros BBM.

Kesimpulan tersebut didapatkan Kompas.com setelah merasakan pengalaman berkendara dengan Toyota Yaris Cross Hybrid selama beberapa hari di Ibu Kota. Dengan pengendaraan normal, tercatat rata-rata konsumsi BBM-nya mencapai 24,5 kilometer per liter (Kpl).

Angka itu sekaligus menjadikan Yaris Cross Hybrid sebagai produk kendaraan elektrifikasi rakitan Toyota di Karawang, yang paling hemat BBM. Bahkan lebih irit dari Kijang Innova Zenix yang sudah redaksi tes dalam kesempatan berbeda, yakni 23 Kpl.

Baca juga: Harga Innova Diesel Generasi Pertama mulai Rp 98 Jutaan

Konsumsi BBM Yaris Cross HybridKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Konsumsi BBM Yaris Cross Hybrid

Lebih jauh, selama pemakaian dalam kota, rpm mesin pada mobil umumnya bermain pada rentang 1.500-3.000 rpm. Sebab kala itu, kondisi jalanan cukup padat kendaraan sehingga cukup sulit untuk memasuki kecepatan 80 kilometer per jam (Kpj) ke atas.

Adapun mode berkendara yang dipilih redaksi yaitu normal dan sesekali diubah ke power guna mendapatkan tenaga lebih agresif ketika terpaksa harus melintas di jalur bebas hambatan.

Sebetulnya, untuk mendahului kendaraan lain pengendara memang tidak perlu mengganti driving mode pada Yaris Cross Hybrid. Sebab kombinasi mesin 1.500 cc dengan motor listrik di dapur pacunya sudah cukup mumpuni.

Baca juga: Merasakan Keandalan Fitur Yaris Cross Hybrid di Jalur Perkotaan

Interior Toyota Yaris Cross HybridKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Interior Toyota Yaris Cross Hybrid

Mengingat di atas kertas, kendaraan dengan kode mesin 2NR-VEX ini mampu menghasilkan tenaga 90 Tk dan torsi puncak 121 Nm. Sementara motor elektriknya punya tenaga 79 Tk dengan torsi 141 Nm.

Untuk penggunaan fitur selama berkendara, terbilang cukup normal di mana air conditioner (AC) mobil terus aktif pada suhu 20 derajat, layar hiburan terkoneksi dengan ponsel, serta tidak membuka kaca kecuali diperlukan.

Karakter berkendara itu terus berlangsung selama empat hari hingga MID di panel meter menunjukkan rata-rata konsumsi BBM Yaris Cross mencapai 24,5 Kpl dengan total jarak tempuh 127 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com