Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Perbaikan Radiator Toyota Yaris Bakpao

Kompas.com - 10/09/2023, 18:00 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Toyota Yaris bakpao generasi pertama di Indonesia banyak diburu masyarakat. Bentuknya yang imut membuat mobil ini jadi incaran anak muda untuk mobilitas di perkotaan.

Namun perlu dipahami, mobil ini sudah mengaspal lebih dari 10 tahun sehingga perlu waspada terhadap kemungkinan kerusakan yang terjadi, termasuk bahaya overheat.

City car ini pertama kali hadir di Indonesia tahun 2006 didatangkan dari Thailand sehingga performa sistem pendinginnya bisa saja mengalami penurunan.

Baca juga: Rincian Estimasi Biaya Perbaikan Kaki-kaki Toyota Yaris Bakpao

Modifikasi Toyota Yaris instagram.com/aey.pict Modifikasi Toyota Yaris

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan Toyota Yaris generasi pertama di Indonesia ini termasuk mobil tua, sehingga perlu waspada terhadap overheat.

“Pastikan kesehatan motor kipas radiator, jika kemampuannya menurun maka kipas tidak akan berputar secara optimal sehingga bisa menyebabkan overheat,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Minggu (10/9/2023).

Pria yang membuka bengkelnya di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini mengatakan motor kipas radiator juga bisa macet atau tidak dapat berputar lagi sehingga risiko yang disebabkan bisa lebih fatal.

Baca juga: Sedang Cari Toyota Yaris Lawas, Kenali Penyakitnya

Adapun komponen lain pada sistem pendingin yang perlu diperhatikan adalah radiator. Sebab, menurut Muchlis mobil dengan usia cukup tua bisa mengalami pampat radiator.

“Harga motor fan orisinal Rp 850.000-an, sedangkan yang imitasi Rp 350.000, ditambah jasa pemasangan Rp 100.000, jadi tidak sampai menghabiskan uang Rp 1 juta dengan kualitas onderdil terbaik,” ucap Muchlis.

Sementara itu, radiator orisinal dibanderol Rp 1,3 jutaan, belum termasuk jasa pemasangan Rp 100.000.

Baca juga: Intip Proses Produksi Toyota Yaris Cross Hybrid di Pabrik TMMIN

“Ada juga pilihan imitasinya, hanya Rp 700.000 tapi itu tidak kami sarankan karena sistem pendingin membutuhkan komponen yang performanya bagus dan awet daripada mesin mengalami overheat,” ucap Muchlis.

Sehingga, total estimasi untuk penggantian motor kipas radiator dan radiator Yaris Bakpao sekitar Rp 2,5 jutaan menggunakan onderdil orisinal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com