Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Yaris Bakpao Biar Performa Tetap Prima

Kompas.com - 17/09/2023, 12:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Toyota Yaris Bakpao termasuk hatchback yang populer di zamannya. Bahkan sampai sekarang masih banyak diandalkan oleh oleh pecintanya. Maka dari itu, agar kondisinya tetap prima perlu dirawat dengan baik.

Toyota Yaris pertama kali mengaspal di Indonesia pada 2006 dengan mengimpor dari Thailand. Mobil ini memiliki konsep identik dengan eksterior membulat. Maka dari itu lebih dikenal dengan sebutan Yaris bakpao.
Mobil ini mengusung mesin 1NZ-FE 1.500 cc VVT-I DOHC yang diklaim mampu menghasilkan tenaga mencapai 107 Tk pada 6.000 Rpm serta torsi puncaknya mencapai 142 Nm pada 4.200 Rpm.

Baca juga: Harga Toyota Yaris Bakpao Bekas mulai Rp 87 Jutaan

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan agar performa Yaris Bakpao tetap prima maka konsumen wajib merawatnya secara berkala.

“Ada beberapa sektor yang harus dirawat pada Yaris Bakpao, yakni mesin, suspensi dan sistem AC, ketiganya menyumbang kenyamanan berkendara,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Sabtu (16/9/2023).

Pemilik bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini mengatakan meski banyak sekali jenis perawatan mobil, namun setidaknya ada bagian yang utama wajib dilakukan untuk menjaga performa tetap prima.

Baca juga: Beli Yaris Bakpao Disarankan Pilih Transmisi Matik

Mesin menjadi salah satu bagian krusial agar selalu dijaga performanya karena dengan dapur pacu yang sehat mobil dapat melaju dengan bertenaga dan aman.

“Untuk mesin perlu dilakukan ganti oli dan filternya tiap 5.000 Km, meski sebenarnya Toyota menetapkan oli mesin TMO mampu digunakan hingga 10.000 Km, tapi kebanyakan orang suka telat ganti dan itu berisiko,” ucap Muchlis.

Bila sampai oli mesin telat diganti, menurut Muchlis risikonya bisa sampai membuat komponen dalam mesin aus dan wajib dilakukan turun mesin untuk proses perbaikannya.

Selain mesin, transmisi juga perlu dilakukan penggantian oli secara berkala. Yakni setiap 10.000 Km dilakukan pemeriksaan dan wajib ganti setiap 40.000 Km atau 2 tahun sekali.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Radiator Toyota Yaris Bakpao

“Transmisi matik atau manual waktu penggantian olinya sama, hanya saja spesifikasi olinya berbeda-beda, manual SAE 80W-90, sedangkan matik khusus ATF,” ucap Muchlis.

Selanjutnya, Yaris Bakpao juga perlu dirawat pada bagian kaki-kakinya meliputi pemeriksaan rem dan suspensi.

“Servis rem 4 roda perlu dilakukan setiap 10.000 Km, untuk memastikan ketebalan kampas, memastikan tidak ada komponen yang macet, dilakukan juga penyetelan dan pelumasan,” ucap Muchslis.

Sedangkan bagian suspensi cukup dilakukan pemeriksaan secara rutin sehingga ketika ada komponen yang rusak bisa segera diganti. Sisanya, suspensi perlu dilakukan spooring dan balancing setiap 20.000 Km.

Baca juga: Rincian Estimasi Biaya Perbaikan Kaki-kaki Toyota Yaris Bakpao

“Setiap 20.000 Km juga perlu dilakukan penggantian oli kompresor agar komponen AC Yaris Bakpao tetap prima dan awet,” ucap Muchlis.

Nah, itu tadi rangkaian perawatan Yaris Bakpao sehingga diharapkan meski mobil sudah berusia belasan tahun masih memiliki performa yang baik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com