Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Pariwisata PO Pesona Luncurkan Inovasi Guide Lamp

Kompas.com - 17/09/2023, 09:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

'

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah inovasi pada layanan bus gencar diberikan oleh perusahaan otobus (PO) untuk menggaet pasar. 

Misalnya seperti PO Pesona yang meluncurkan inovasi bernama guide lamp pada bus pariwisatanya. Inovasi tersebut diklaim menjadi  yang pertama dan satu – satunya dalam dunia bus pariwisata di Indonesia.

Guide lamp merupakan lampu yang dirancang khusus sehingga berfungsi untuk menyinari pemandu atau tour guide. Hadir dalam wujud lampu led 3 titik, guide lamp akan mendukung tour guide saat menjelaskan rangkaian perjalanan di dalam bus. 

Baca juga: Jajal Performa Toyota Agya GR Sport Garapan GR Garage

Inovasi tersebut merupakan hasil dari kerjasama PO Pesona dengan karoseri Laksana.  Posisi dari  berada di bagian plafon  kabin bus, tepatnya sejajar dengan kursi barisan kedua dari bagian. 

Bagian depan bus ini terlihat bisa disesuaikan arahnya sehingga penumpang di kabin dapat melihat jelas saat tour guide sedang berbicara pada malam hari.

Menurut mas Wahid, pemilik dari PO Pesona melalui Instagramnya mengatakan, pemandu adalah bintangnya dari layanan bus pariwisata. Maka dari itu inovasi tersebut diluncurkan agar bintang pada layanan bus miliknya makin bersinar. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mas Wahid (@maswahid)

Baca juga: Quartararo Jadi Lebih Kalem, Akui Sempat Arogan di Awal Musim

"Guide adalah bintangnya perjalanan, untuk mendukung performa sang bintang, kami hadirkan satu fitur baru di dunia transportasi wisata," tulis @maswahid.

Lampu-lampu tersebut juga bisa diatur secara manual akan menyorot ke arah mana. Sehingga posisi sinar lampu bisa mengikuti keinginan dari penggunannya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com