Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Performa Toyota Agya GR Sport Garapan GR Garage

Kompas.com - 16/09/2023, 18:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai diresmikan pada Jakarta Auto Week pada Maret 2023, PT Toyota Astra Motor (TAM) memberi kesempatan pada media pada Sabtu (16/9/2023) untuk mencoba jajaran produk GR. Salah satunya adalah Toyota Agya GR Sport.

Toyota menyediakan dua unit tes Toyota Agya GR Sport, yang pertama adalah varian standar, dan kedua Toyota Agya GR Sport yang sudah diubah oleh GR Garage layaknya spek mobil balap.

Khusus Agya GR Sport garapan bengkel modifikasi resmi Toyota ini mendapat ubahan pada sisi interior yakni jok yang sudah diubah ke bucket seat dengan seat belt lima titik dan setir bergaya mobil balap.

Baca juga: Mau AC Avanza Lawas Dingin, Segini Estimasi Biaya Servis Rutinnya

Sementara dari pengereman sudah diganti dengan kaliper disk brake dan brake pad. Agya GR Sport GR Garage ini juga sudah diubah pada sektor suspensi, sehingga tampil lebih ceper.

Ban Toyota Agya GR Sport Garapan GR GarageKompas.com/Nanda Ban Toyota Agya GR Sport Garapan GR Garage

Pada bagian roda juga diubah dengan tujuan agar mobil terasa lebih tapak, sehingga mengurangi body roll, sehingga membuat mobil ini lebih lincah, dan menghasilkan handling yang lebih baik.

Tanpa berlama-lama, langsung menjajal city car dari Toyota ini. Kesempatan yang diberikan memang tidak begitu banyak, yaitu hanya satu putaran Sirkuit Jakarta International E-Prix saja, sambil didampingi oleh instruktur safety dari Toyota.

Saat pertama menginjak pedal gas Agya GR Sport GR Garage dengan transmisi otomatis ini rasanya lebih presisi, respon yang dihasilkan cukup baik saat kecepatan rendah.

Bucket seat Toyota Agya GR Sport Garapan GR GarageKompas.com/Nanda Bucket seat Toyota Agya GR Sport Garapan GR Garage

Soal tenaga, di atas kertas Agya GR Sport mampu menorehkan 86,7 Tk di 6.600 rpm serta torsi 11,52 Kgm pada 4.500 rpm.

Menginjak pedal gas yang lebih dalam, putaran rpm langsung melonjak sehingga akselerasi terasa lebih padat.

Mengingat beberapa komponen sudah diubah dengan parts dari GR Garage, otomatis ada fitur yang dihilangkan, seperti paddle shift pada bagian belakang kemudi serta power mode. Sehingga kesan fun to drive saat mengandarai mobil ini kurang maksimal. 

Setir Toyota Agya GR Sport Garapan GR GarageKompas.com/Nanda Setir Toyota Agya GR Sport Garapan GR Garage

Baca juga: Geber Toyota GR 86 di Sirkuit International Jakarta E-Prix

Menariknya dengan ubahan yang disajikan membuat bantingan Agya GR Sport GR Garage ini menjadi lebih rigit, handling masih terasa begitu optimal, serta minim gejala body roll. Intinya, Agya GR Sport GR Garage ini punya sensasi berkendara yang cukup berbeda dengan versi standar.

Secara keseluruhan, Toyota Agya GR Sport dari bengkel modifikasi resmi Toyota ini memberikan pengalaman berkendara city car dengan modifikasi ala spesifikasi mobil balap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com