Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Membeli Mercy Bekas, Wajib Scan dan Bawa Mekanik

Kompas.com - 16/09/2023, 07:02 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Mercedes-Benz atau sering disebut Mercy, menjadi salah satu mobil mewah asal Eropa yang terkenal dengan kualitas, teknologi canggih, desain elegan, serta performa yang baik.

Memilih Mercy bekas bisa menjadi alternatif konsumen dengan bujet yang terbatas. Misalnya, saat dahulu belum bisa beli saat kondisi baru karena harga tidak terjangkau, kini dapat menyesuaikan kantung meskipun seken.

Sama seperti membeli model lain, beli Mercy seken juga wajib melakukan pengecekan fisik, mulai bodi, kaki-kaki, sampai interior mobil. Perbedaannya, Mercy dikenal sebagai mobil  dengan berbagai sensor dan teknologi canggih.

Baca juga: Daftar Mobil Eropa Bekas dengan Harga di Bawah Rp 100 Juta

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menggelar Mobile Service Clinic and Sales EventDok. MBDI PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menggelar Mobile Service Clinic and Sales Event

Afif, mekanik One Stop Garage, bengkel spesialis Mercy, mengatakan, selain bujet ada hal yang perlu diperhatikan mengingat Mercy dilengkapi dengan banyak sensor dan teknologi canggih.

“Nah, sebaiknya kalau mau membeli panggil mekanik. Supaya benar-benar tahu kondisi mobilnya,” kata Afif ketika ditemui Kompas.com, Jumat (15/9/2023)

Mengingat mekanik yang berpengalaman memiliki pemahaman lebih mendalam tentang mesin mobil Mercedes-Benz. Mekanik ini akan membantu dengan alat berupa scanner yang mampu mengidentifikasi masalah dengan cepat dan akurat.

Baca juga: Jangan Sembarang Bersihkan Kaca Mobil Eropa

“Cek semua kondisi (kelistrikan dan sensor) mobil. Dari mesin hingga semua bisa dilihat dari sistem scan,” ucap Afif.

Dengan menggunakan alat pemindai yang sesuai, mekanik dapat melakukan scan pada semua sistem elektronik dan sensor di mobil Mercy.  Jadi kalau ada kerusakan, pasti terpantau. Ini memberikan keuntungan jangka panjang seperti menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Untuk kisaran biaya scan ini, setiap mekanik atau bengkel memiliki harga berbeda-berbeda. Namun, Afif menjelaskan jika hanya melakukan scan saja, harga berkisar di Rp 350.000.

Pada kesempatan berbeda, Ahlan dari showroom IVS Auto Sales yang cukup banyak menjual Mercedes-Benz, menyarankan untuk membeli dari C-Series dan diimbau untuk tidak memilih tahun terlalu tua.

“Cuma kalau memang mau main Mercy untuk pertama kali, pilih saja C200 modelnya. Mobil masih enak, tenaga enak dan masih cukup irit,” kata Ahlan kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com