Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur ADAS BR-V dan Stargazer X, Siapa Paling Lengkap?

Kompas.com - 15/09/2023, 16:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara soal fitur, boleh jadi Honda BR-V dan Hyundai Stargazer x yang hadir sebagai pendatang baru di segmen low sport utility vehicle (LSUV) 7 penumpang, merupakan dua model yang paling lengkap.

Seperti diketahui, BR-V varian teratas sudah dilengkapi Honda Sensing yang merupakan teknologi advanced driver-assistance system atau ADAS. Demikian juga dengan Stargazer melalui Hyundai SmartSense.

Namun demikian, ADAS yang disematkan pada Stargazer X dan BR-V memiliki jumlah fitur yang berbeda. Lalu siapa yang paling lengkap?

Baca juga: Masalah ECU, Daihatsu Recall 3.383 Unit Ayla 1.000 cc

Secara keseluruhan, teknologi Honda Sensing yang disematkan pada BR-V memiliki enam fitur.

Hyundai Stargazer XKOMPAS.com/Adityo Wisnu Hyundai Stargazer X

 

Pertama adaptive cruise control (ACC) yang membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mantur jarak di belakang kendaraan yang terdeksi di depan.

Berikutnya ada road departure mitigation system (RDM) untuk membantu pengendara ketika sistem mendeteksi adanya kemungkinan kendaraan keluar dari jalur.

Selanjutnya auto high beam (AHM), lane keeping assist system (LKAS), collision mitigation braking system (CMBS), dan lead-car departure notification (LCDN).

Baca juga: Membandingkan Kenyamanan Interior BR-V dan Stargazer X

Fitur Honda Sensing di Honda BR-V Kompas.com/Fikria Hidayat Fitur Honda Sensing di Honda BR-V

Untuk Hyundai SmartSense pada Stargazer totalnya memiliki delapan fitur ADAS. Dari high beam assist (HBA), forward collision avoidance assist (FCA), driver attention warning (DAW), lane keeping assist (LKA), lane following assist (LFA), dan blind-spot collision-avoidance assist (BCA).

Masih ada lagi, yakni rear cross traffic collision avoidance assist (RCCA) yang dapat membantu mendeteksi kendaraan lain yang mendekat dari sisi kiri dan kanan saat sedang mundur.

Berikutnya safe exit warning (SEW) untuk memberikan peringatan menghindari tabrakan atau kecelakaan dengan kendaraan yang sedang malaju dari arah belakang saat penumpang baris kedua sedang turun dari mobil.

Baca juga: Pabrik Chery di Indonesia Masih Dalam Proses

Hyundai SmartSense LKA StargazerDOK/hyundai.com Hyundai SmartSense LKA Stargazer

Dari data singkat tersebut, ADAS yang ditawarkan Stargazer X memang lebih banyak. Tapi bukan berarti BR-V kurang unggul, melainkan Honda berupaya melengkapi fitur-fitur yang lebih fungsional meski secara harga memang lebih tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com