Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik United Siap Ramaikan Pasar Malaysia

Kompas.com - 12/09/2023, 15:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Terang Dunia Internusa (TDI), pemegang merek motor listrik United E-Motor, siap go international dengan melakukan ekspansi ke pasar Malaysia dalam waktu dekat.

Langkah ini ditandai melalui penandatanganan kontrak kerja sama dengan Artroniq Berhad, perusahaan asal Malaysia yang akan memperluas jaringan distribusi United E-Motor. Bahkan direncanakan juga bakal memiliki pabrik untuk produksi.

Menurut Direktur PT TDI Henry Mulyadi, adanya kerja sama ini juga akan memberikan efek positif bagi citra industri motor listrik dalam negeri di mata dunia.

"Ekspansi United e-Motor ke Malaysia dapat memberi dampak positif bahwa industri kendaraan listrik dalam negeri memiliki potensi yang besar untuk berkembang di mancanegara," ujar Henry dalam keterangan resminya, Selasa (12/9/2023).

Baca juga: Ganti Busi Biasa ke Iridium, Apakah Mobil Wajib Tune Up?

Leboh lanjut Henry mengatakan, diharapkan produk motor listrik Indonesia dapat dinikmati oleh masyarakat luas dan kualitasnya dapat diakui dengan baik.

United E-Motor dilengkapi portabel chargerUnited E-Motor United E-Motor dilengkapi portabel charger

Kontrak Kerja sama ini merupakan inisiasi dari kerja sama antara ATEC dan HIPPINDO sekaligus merupakan realisasi lanjutan dari dua kesepakatan, yakni :

- Kesepakatan Bersama No.04/PEN/MOU/12/2022, No.01/DPP-MOU/XII/2022 Antara Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Indonesia dengan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia tentang Pengembangan Ekspor Melalui Jasa Ritel.

Baca juga: United E-Motor Dukung Evaluasi Soal Subsidi Motor Listrik

- Perjanjian Kerjasama No. 01/PEN.5/PKS/02/2023, No. 10/DPP/PKS/HIPPINDO/II/2023 Antara Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dengan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia tentang Pengembangan Ekspor Melalui Jasa Ritel ke Wilayah Asia.

Sementara itu, Budihardjo Iduansjah, Chairman ATEC dan Ketua Umum HIPPINDO menjelaskan, potensi ritel dan produk lokal Indonesia ke pasar global masih terbuka lebar, pemerintah pun giat mendukung pelaku usaha melakukan ekspansi dengan berbagai perjanjian, baik bilateral maupun multilateral.

Dengan kerja sama yang telah terjalin, diharapkan produk United E-Motor dapat masuk ke pasar ASEAN melalui pabrik yang ada di Indonesia dan Malaysia.

United E-Motor siap pasarkan dan bangun pabrik di MalaysiaUnited E-Motor United E-Motor siap pasarkan dan bangun pabrik di Malaysia

Baca juga: Gojek Berencana Operasikan Motor Listrik Penuh pada 2030

"United mulai melebarkan sayap ke Malaysia melakukan ekspor ritel dan jasa . Selain itu juga membuka pabrik, perakitan, distribusi, dan pelayanan produk. Hal ini merupakan realisasi dari program Bangga Buatan Indonesia dan Indonesia Brands Go Global, sekaligus menindaklanjuti MoU & PKS HIPPINDO dengan Kementerian Perdagangan," ucap Budihardjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com