Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Honda EM1 e: Masuk Daftar Penerima Subsidi Rp 7 Juta

Kompas.com - 11/09/2023, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Daftar motor listrik penerima subsidi akan segera bertambah menjelang akhir tahun. Diperkirakan bakal tersedia 35 model motor listrik dengan subsidi dari pemerintah.

Berdasarkan informasi dari situs Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (Sisapira.id), terdapat puluhan model motor listrik yang berhak mendapat subsidi Rp 7 juta.

Dengan bantuan tersebut, secara langsung membuat puluhan model motor listrik tersebut kini memiliki harga yang terjangkau.

Baca juga: Toyota Fortuner Generasi Terbaru Siap Meluncur, Tampang Lebih Agresif

Ada subsidi motor listrik dari Yadea selama Jakarta Fair 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Ada subsidi motor listrik dari Yadea selama Jakarta Fair 2023

Buat motor listrik lansiran Selis, Rakata, Volta, Viar, hingga Yadea, setelah disubsidi kini dibanderol sekitar belasan juta rupiah saja.

Adapun model-model lansiran Greentech, Volta, Pacific, hingga United bahkan bisa dibeli dengan harga on the road Jakarta di bawah Rp 10 juta.

“Saat ini ada sekitar 30 model dari 15 APM,” ujar Peter Kho, Humas Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli), kepada Kompas.com (10/9/2023).

Baca juga: PO Agra Mas Ramaikan Jurusan Malang, Pakai Sleeper Bus

Selis E-Max Long Range meluncur di PEVS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Selis E-Max Long Range meluncur di PEVS 2023

“Tapi dalam waktu dekat ada beberapa model lagi akan masuk. Sekitar tambah 5 model lagi, jika semuanya lancar,” kata dia, yang merupakan pendiri Komunitas Sepeda Motor Listrik (Kosmik).

Sebagai informasi, model motor listrik penerima subsidi ini harus memastikan telah diproduksi di dalam negeri dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang telah ditentukan. Lalu, pastinya sudah terdaftar di situs Sisapira.

Basically pemerintah membuka seluas-luasnya, karena Sisapira ini juga jadi media untuk push APM menjadi 40 persen,” ucap Peter.

Baca juga: Hasil MotoGP San Marino 2023, Jorge Martin Sempurna

Ilustrasi Honda EM1 e: di Astra Motor CenterKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Honda EM1 e: di Astra Motor Center

Menariknya, dari total sekitar 35 model motor listrik yang menerima subsidi, bakal ada motor listrik Honda EM1 e: yang resmi diluncurkan pada ajang GIIAS 2023.

“Iya termasuk (motor listrik Honda). Mereka juga minta dibantu oleh kami,” kata Peter.

Seperti diketahui, motor listrik Honda EM1 e: infonya mulai diproduksi dan dikirim ke konsumen pada akhir 2023.

Baca juga: Kecelakaan Mobil Istri Gubernur NTB, Ini Ancaman Pidana Tabrak Orang Sampai Meninggal

Motor listrik Honda EM1 e: hadir di GIIAS 2023KOMPAS.com/ADITYO WISNU Motor listrik Honda EM1 e: hadir di GIIAS 2023

Bicara soal harga, Honda EM1 e: yang dilengkapi baterai Mobile Power Pack (MPP) e: dipasarkan dengan harga sekitar Rp 40 juta-Rp 45 juta.

Secara lebih rinci, harga unit motor Honda EM1 e: dibanderol sekitar Rp 30 juta-Rp 33 juta. Adapun harga baterai MPP e: dijual Rp 10 juta-Rp 12 juta.

Kabarnya, setelah disubsidi Rp 7 juta, Honda EM1 e: diperkirakan bakal berada di angka Rp 33 juta sampai Rp 35 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com