Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mekanik AHASS Mulai Dapat Pelatihan Motor Listrik Honda EM1 e:

Kompas.com - 08/09/2023, 19:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan sepeda motor listrik Honda EM1 e: di ajang GIIAS 2023. Pada kesempatan tersebut, konsumen sudah bisa melakukan pemesanan, sementara pengiriman dijadwalkan pada akhir tahun.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan pelayanan aftersales Honda EM1 e:, mekanik AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) mulai mendapatkan pelatihan motor listrik.

“Untuk motor listrik kami memang belum ada arahan lebih jauh. Setelah display ini ada jeda untuk pemenuhan inden,” ujar Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Honda Astra Motor Center, kepada Kompas.com (8/9/2023).

Baca juga: Marc Marquez Dikabarkan Selangkah Lagi Bergabung dengan Gresini Racing

Honda luncurkan motor listrik EM1 e di ajang GIIAS 2023Adityo Wisnu/Kompas.com Honda luncurkan motor listrik EM1 e di ajang GIIAS 2023

“Secara paralel kami sudah ada penjadwalan (pelatihan motor listrik), sudah ada plan-nya, tapi memang belum,” kata dia.

Menurutnya, terdapat perbedaan servis motor listrik. Perbedaan utama terletak pada pengecekan sistem kelistrikan.

“Yang pasti yang membedakan dari sumber tenaga, kalau dulu mesin combustion, sekarang listrik. Lebih ke sistem elektriknya yang diperiksa, misalkan dari konektor-konektornya, kemudian dari hasil scan pakai alat diagnostic tools, apakah ada error system atau apa,” ucap Rendra.

Baca juga: Bakal Berlaku Nasional, Uji Emisi Mau Jadi Syarat Perpanjang STNK

Selain itu, servis motor listrik pada dasarnya sama seperti motor dengan mesin bakar internal. Namun servis motor listrik diklaim lebih singkat.

“Yang rutin-rutin sebetulnya sama saja, kayak misalkan ban, rem, terus lampu-lampunya, sistem kemudi. Pengecekan komstir juga sama saja, karena masuk ke sistem kemudi,” kata Rendra.

“Cuma bedanya enggak ada oli, enggak ada mesin, enggak ada throttle body, enggak ada sistem bahan bakar. Jadi servis lebih singkat, motor biasa waktu servisnya rata-rata 40 menit, motor listrik bisa di bawah 40 menit,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com