Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Perbaikan Kaki-kaki Xpander, Tembus Rp 3 Jutaan

Kompas.com - 11/09/2023, 17:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Kesehatan suspensi pada mobil menjadi kunci kenyamanan saat dikendarai. Hal ini juga berlaku pada Mitsubishi Xpander yang sudah berusia hampir 6 tahun.

Xpander pertama meluncur pada 2017 setelah memamerkan konsepnya pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Sampai saat ini LMPV ini banyak diburu masyarakat baik dalam kondisi baru ataupun bekas. Oleh sebab itu, biaya perbaikan kaki-kaki menjadi informasi penting khususnya buat masyarakat yang sedang berburu Xpander bekas.

Baca juga: Mengulik Perbedaan Suspensi Mitsubishi XForce dan Xpander

Mitsubishi Xpander saat menepi sejenak di Gerbang Tol Kalingkung, Jawa Tengah.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mitsubishi Xpander saat menepi sejenak di Gerbang Tol Kalingkung, Jawa Tengah.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan biaya perbaikan kaki-kaki Xpander bisa dibilang umum, tidak terlalu mahal dan murah.

“Hampir sama dengan LMPV di kelasnya, sehingga merawat Xpander tidak perlu khawatir tentang biaya perawatan bila sudah menginjak usia 5 tahunan,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Senin (11/9/2023).

Pria yang membuka bengkel di Polokarto, Kabupaten Sukoharjo ini mengatakan kesehatan kaki-kaki pada mobil menjadi faktor penentu kenyamanannya saat melaju.

Baca juga: Promo LSUV September 2023, Xpander Cross Diskon Rp 40 Juta, XL7 Rp 30 Juta

Bila sampai bagian suspensi rusak, maka berbagai bunyi tidak wajar bisa timbul. Belum lagi kestabilan kendaraan saat melaju dalam kecepatan tinggi juga ditentukan oleh kesehatan suspensi.

“Ada banyak komponen pada rangkaian suspensi yang memiliki peran masing-masing, gejalanya bila mengalami rusak juga berbeda-beda sesuai konstruksi,” ucap Muchlis.

Sebagai informasi, berikut ini estimasi rincian biaya perbaikan kaki-kaki pada Xpander.

Baca juga: Kulik Ragam Fitur Mitsubishi Xpander Exceed

1. Shock absorber depan orisinal, Rp 1,6 juta sepasang.
2. Shock absorber belakang orisinal, Rp 800.000 sepasang.
3. Tie rod Rp 250.000
4. Rack end Rp 350.000
5. Link stabilizer Rp 200.000
6. Bushing stabilizer Rp 40.000
7. Bushing lower arm Rp 250.000
8. Bearing roda Rp 400.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com