Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Akan Fokus Kembangkan Mobil Hybrid

Kompas.com - 09/09/2023, 13:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, Mitsubishi baru memiliki satu model mobil hybrid, yakni Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Untuk ke depannya tidak hanya melirik mobil listrik, tapi juga akan fokus mengembangkan hybrid.

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tercatat penjualan mobil hybrid dari pabrik ke diler alias wholesales kendaraan yang ramah lingkungan ini mencapai 17.305 unit di semester I-2023. Angka tersebut meningkat tajam dari periode sama tahun sebelumnya yang hanya 1.242 unit.

Baca juga: Mitsubishi Bicara Peluang Jual Mobil Listrik eK X EV di Indonesia

Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan, perkembangan mobil hybrid sekarang sangat cepat dan lebih serius.

Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/Gilang Mitsubishi Xpander

"Tentu saja ini akan menjadi tren. Sejauh yang kami lihat, pada varian tertinggi dari beberapa model (merek lain) sudah memiliki hybrid," ujar Mii, kepada wartawan, saat ditemui di Karawang, belum lama ini.

"Mungkin momentum seperti itu sudah dimulai. Sehingga, ini menjadi pilihan yang realistis untuk elektrifikasi," kata Mii.

Baca juga: Bahas Kecanggihan Transmisi CVT Mitsubishi XForce

Mii mengatakan, prospek dari kendaraan listrik berbasis baterai juga bagus. Mitsubishi juga akan memproduksi mobil listrik Minicab MiEV pada Desember 2023 di Indonesia. Tapi, Mitsubishi juga serius untuk mengembangkan mobil hybrid.

Mitsubishi XForceKompas.com/Adityo Mitsubishi XForce

Pada laporan keuangan dan rencana bisnis Mitsubishi, disebutkan bahwa Xpander hybrid akan meluncur, kemungkinan pada tahun 2024. Namun, untuk negara pertama yang akan mendapatkannya bisa jadi bukan Indonesia, melainkan Thailand.

"Kita berencana memulainya dari Thailand. Di sana terdapat beberapa insentif untuk hybrid sehingga (harga) produk kendaraan jenis terkait akan lebih kompetitif," kata Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita, kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Linimasa peluncuran model terbaru MitsubishiDok. Mitsubishi Linimasa peluncuran model terbaru Mitsubishi

Selain itu, Executive Vice President Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Hiroshi Nagaoka mengatakan, sangat mungkin Mitsubishi meluncurkan XForce hybrid. Meskipun, negara lain lebih dulu yang akan mendapatkannya.

“Bila bicara Indonesia belum, mungkin saja XForce hybrid akan segera hadir tapi akan diperkenalkan di negara lain dulu,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com