Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Helm Visor Datar Lebih Bagus dari Visor Cembung

Kompas.com - 09/09/2023, 11:32 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persoalan kaca alias visor helm kerap menjadi topik diskusi, karena sebagian pengguna mengklaim flat visor alias rata jauh lebih baik daripada visor cembung, alias normal.

Untuk diketahui, helm dengan flat visor memang tengah menjadi tren yang cukup diminati saat ini, karena terlihat agresif.

Secara tampilan, flat visor memang membuat helm terlihat gagah dan bentuknya lebih menyudut. Berbeda dengan visor cembung yang tampilannya cenderung membulat.

Menjawab topik ini, William, Pemilik Bandung Helmet Gallery menjelaskan, helm flat visor memang lebih unggul dibandingkan visor cembung.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Helm Motor dengan Pengunci Double D Ring Lebih Aman?

Sederet helm dengan harga termurah di GIIAS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Sederet helm dengan harga termurah di GIIAS 2023

Ada beberapa hal yang mendukung alasan tersebut. Pertama, flat visor memang memiliki sudut pandang (FOV) lebih luas.

“Karena bentunknya rata dan tidak ditekuk, helm model flat visor punya sudut pandang lebar. Pasti akan terasa bedanya kalau dibandingkan (dengan visor cembung),” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Sudut pandang luas tentunya akan sangat bermanfaat, karena hal itu bisa menambah keawasan saat sedang berkendara, khususnya saat lalu lintas padat.

Keunggulan kedua adalah flat visor diklaim minim bias, alias tidak akan terdampak efek pendar yang dihasilkan oleh cahaya.

Baca juga: Mengenal Fungsi dan Manfaat Poles Bodi Mobil

Ilustrasi helm motor dengan flat visor dan intercomKompas.com/Daafa Alhaqqy Ilustrasi helm motor dengan flat visor dan intercom

“Sering kan kejadian silau mungkin karena lampu mobil atau lampu jalan. Kalau pakai model helm flat visor, enggak akan kena situasi macam itu,” kata William.

Dia menambahkan, sebetulnya pemilihan jenis visor helm kembali lagi kepada preferensi konsumen. Boleh jadi, ada sebagian yang sudah menyukai model visor cembung.

Namun bagi konsumen yang hendak beralih menggunakan flat visor, William menyebut tidak harus membeli helm baru, tapi cukup membeli kaca saja dan dipasang sendiri.

“Visor aftermarket model flat sudah banyak yang jual, plug and play juga. Jadi tinggal cari saja model yang cocok dengan helm masing-masing,” ucapnya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com