Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mudah Membeli Mobil Mewah di Indonesia

Kompas.com - 08/09/2023, 18:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, mobil masih menjadi salah satu instrumen investasi yang menarik dan layak diperhatikan. Belum lagi, pemilik memiliki kesempatan untuk mencobanya langsung di aktivitas sehari-hari.

Namun jenis kendaraan yang bisa dijadikan investasi hanya model tertentu saja. Rata-rata, mobil yang dapat memenuhinya bergolong kendaraan mewah dengan harga tidak murah atau kendaraan langka alias rare.

Founder Premium Cars Jakarta, Dennis Hardian Sutandi menyatakan, untuk membeli mobil mewah butuh biaya yang jauh lebih tinggi. Bukan hanya harga beli saja, tapi juga mengenai perawatannya.

Baca juga: AC Mobil Terlalu Dingin Juga Tidak Baik, Ini yang Bakal Terjadi

Ilustrasi mobil mewahzillow photos/bloomberg Ilustrasi mobil mewah

"Bahkan tarif asuransi mobil meawh sedikit lebih tinggi karena memiliki nilai pasar lebih tinggi," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (8/9/2023).

Oleh karena itu, sebelum melakukan pembelian mobil mewah ada beberapa langkah yang harus diperhatikan supaya tepat guna. Hal pertama yang perlu dipahami ialah berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan calon pemilik.

"Pertimbangkan kebiasaan mengemudi Anda, baik dari ukuran ideal kebutuhan, jalan yang akan dilalui, dan seberapa sering Anda berencana mengendarai mobil premium tersebut. Ingin dipakai untuk bisnis, kesenangan, atau petualangan," kata Dennis.

Selanjutnya, pertimbangkan pula jenis kendaraan sampai produsen dan merek yang hendak dibeli. Jangan sampai dalam waktu dekat produsen terkait ternyata mengalami penurunan keuangan dan hal-hal negatif lainnya yang mengakibatkan penurunan nilai kendaraan.

Baca juga: Wuling Kasih Diskon buat Air ev dan Almaz Hybrid

Soal ini, sebenarnya bisa mudah dijangkau asalkan calon pembeli meluangkan waktu untuk membaca ulasan, membandingkan harga, serta spesifikasi dari berbagai merek.

"Karena kendaraan mewah adalah pembelian besar, Anda harus mengambil beberapa tindakan untuk menyesuaikan anggaran Anda. Misalnya, menegosiasikan suku bunga pinjaman untuk mendapatkan kesepakatan terbaik," ujar Dennis.

Ketika uang bukan menjadi masalah, calon pembeli bisa lebih selektif dengan fitur-fitur yang ingin dilihat pada kendaraan mewah.

"Namun, sekali lagi, hanya karena Anda bisa, bukan berarti Anda harus melakukannya. Kendaraan mewah adalah pembelian besar, dan Anda ingin memastikan bahwa Anda membuat keputusan yang tepat," paparnya.

Terakhir, pilihlah diler mobil mewah yang baik akan menghargai loyalitas pelanggan. Carilah diler dengan staf hebat dan ahli kendaraan yang dapat menjawab pertanyaan Anda, terutama jika pembeli pertama kali.

Baca juga: Indonesia Siap Pasok Kebutuhan Baterai Kendaraan Listrik di AS

"Anda juga bisa memilih dealer yang memberikan kemudahan Anda dalam bertransaksi. Salah satunya yang memanfaatkan platform media sosial untuk memperlihatkan koleksi terbaik untuk Anda pilih," kata dia lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com