Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Toyota Akio Toyoda Tertangkap Kamera Kendarai Honda HR-V Hybrid

Kompas.com - 08/09/2023, 15:50 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sangat jarang terlihat seorang bos besar produsen mobil merek tertentu untuk menggunakan mobil dari merek lain. Belum lama ini, terlihat bos Toyota, Akio Toyoda, sedang mengendarai Honda HR-V e:HEV alias HR-V hybrid.

Uniknya, momen tersebut diabadikan oleh video dan diunggah oleh akun TikTok dan Twitter resmi Toyota. Bahkan, dalam video tersebut Toyoda juga mengacungkan jempol sembari tersenyum.

Baca juga: Akio Toyoda Geber GR Corolla, Pakai Bahan Bakar Hidrogen

Dikutip dari Wapcar.my, Jumat (8/9/2023), tidak ada konteks pada video tersebut. Video tersebut dibuka dengan HR-V hybrid berwarna putih, model yang dijual di Jepang sebagai Honda Vezel, masuk ke dalam frame.

Dengan cepat terungkap bahwa Morizo yang mengemudikan mobil tersebut. Pria yang duduk di sebelahnya adalah juara empat kali World Rally Championship (WRC), Juha Kankkunen, yang pernah membalap untuk Toyota.

Terdengar perekam bertanya kepada Morizo, "Mobil apa ini?". Kemudian, Morizo menjawab, "Ini Honda!" sambil mengacungkan jempol dan perlahan-lahan pergi.

Baca juga: Tonton Aksi Juara Dunia F1 2022 Nyetir Honda HR-V Hybrid

Untuk diketahui, Morizo adalah alter ego pebalap mobil dari Chairman Toyota Akio Toyoda. Ketika Toyoda mengenakan setelan bisnis, dia adalah Akio Toyoda, mantan Presiden dan Ketua Toyota Motor saat ini, yang juga menjabat sebagai Presiden Asosiasi Produsen Mobil Jepang (Japan Automobile Manfacturers Association - JAMA).

Max Verstappen mengendarai HR-V e:HEV alias HR-V Hybrid dalam iklan terbaru HondaDok. Honda Max Verstappen mengendarai HR-V e:HEV alias HR-V Hybrid dalam iklan terbaru Honda

Namun, begitu Toyoda mengenakan baju balapnya, dia adalah Morizo, pebalap utama Toyota. Toyoda juga merupakan satu-satunya bos perusahaan mobil pada level ini yang secara aktif berpartisipasi dalam balap mobil.

Diketahui Toyoda berpartisipasi dalam 24 Hours of Nurburgring hingga Super Taikyu Fuji 24 Hours, Idemitsu 25 Hours Super Endurance di Buriram, Thailand, dan Kejuaraan Reli All Japan.

Max Verstappen mengendarai HR-V e:HEV alias HR-V Hybrid dalam iklan terbaru HondaDok. Honda Max Verstappen mengendarai HR-V e:HEV alias HR-V Hybrid dalam iklan terbaru Honda

Selain itu, Morizo juga diketahui turut melakukan beberapa uji coba di Reli Dakar dan demonstrasi di Kejuaraan Reli Dunia. Beberapa waktu lalu, Morizo juga menggunakan GR Corolla H2 Concept untuk balapan.

Terkait video yang viral ini, Toyota diketahui tidak memiliki kerja sama pengembangan produk komersial dengan Honda. Namun, kedua perusahaan memiliki hubungan yang baik.

Kedua perusahaan juga melakukan kerja sama khusus untuk olahraga motor di Jepang dalam proyek NEXT50 untuk menghidupkan kembali penonton yang semakin berkurang dari seri balap roda terbuka Super Formula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com