Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi buat Speedometer Honda Vario Model LCD yang Kerap Rusak

Kompas.com - 08/09/2023, 16:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Vario model terbaru sudah memakai model speedometer full LCD. Namun, seiring pemakaian ada saatnya speedometer itu rusak, tidak menampilkan informasi apapun.

Anton Suriyadi, Pemilik bengkel Service Speedometer di Cibubur mengatakan, tempatnya sering kedatangan Honda Vario yang speedometernya sudah pakai LCD. Keluhannya adalah layar yang blank atau kosong.

Bengkel Service Speedometer sendiri berada di kawasan Cibubur, Jalan Persatuan, Gang Mualimin No.39A, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur.

"Kerusakannya sering masuk air, mengakibatkan korsleting dan blank semua, enggak ada yang tampil. Cuma nyala itu sein kiri-kanan dan lampu jauh," kata Anton kepada Kompas.com, Kamis (7/9/2023).

Baca juga: Spesifikasi Honda Elevate Semua Varian, Diklaim Bisa Tenggak Bioetanol

New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022. KOMPAS.com/Gilang New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.

Biasanya, kerusakan akibat air tadi menyebabkan jalur PCB terbakar. Beberapa komponen juga jadi rusak, seperti tombol, resistor.

"Jadi servisnya cukup ganti komponen saja," kata Anton.

Sebenarnya di Vario baru, Anton bilang kalau sumber air masuk adalah dari tombol mode dan select di speedometer. Tombol yang terbuat dari karet itu kalau sudah getas, maka bisa ada celah air masuk.

Baca juga: Kesalahan Pemilik Mobil, Penyebab Kompresor AC Rusak


"Antisipasi biar enggak kemasukan air lagi, tinggal kita kasih sealant dari dalam," kata Anton.

Mengingat untuk tombol yang terbuat dari karet jadi rawan getas karena kepanasan dan kena hujan. Untuk biaya, termasuk servis sampai sealant, cukup Rp 200.000 saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com