Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Servis Motor di AHASS, Gratis Cek Rangka eSAF Honda

Kompas.com - 08/09/2023, 16:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Motor-motor produksi Astra Honda Motor (AHM) saat ini sedang jadi pembicaraan, karena kasus rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang diduga mudah patah dan keropos.

Lewat beberapa posting di media sosial, terlihat video dan gambar tentang skutik Honda yang mengalami rangka patah. Bukan itu saja, bahkan terdapat motor baru yang memiliki bercak karat di rangka.

Konsumen yang khawatir dengan kondisi motornya dipersilakan untuk melakukan pengecekan di bengkel resmi AHASS (Astra Honda Authorized Service Station).

Baca juga: Marc Marquez Dikabarkan Selangkah Lagi Bergabung dengan Gresini Racing

Pengecekan rangka eSAF honda di bengkel resmi AHASSKompas.com/Daafa Alhaqqy Pengecekan rangka eSAF honda di bengkel resmi AHASS

“Kami tetap mengakomodir bagi konsumen yang ingin memeriksa rangkanya silakan datang ke AHASS,” ujar Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Honda Astra Motor Center, kepada Kompas.com (7/9/2023).

“Kami akan melihat di titik-titik yang dikeluhkan konsumen, biasanya kan di bawah dek. Itu kami lihat, kami perlihatkan ke konsumen juga,” kata dia.

Rendra mengatakan, dari semua motor yang sudah melakukan pengecekan di Astra Motor Center, Jalan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur, belum pernah ditemukan rangka yang mengalami keropos.

Baca juga: Kesalahan Pemilik Mobil, Penyebab Kompresor AC Rusak

“Kami memang tidak ada treatment apa-apa, itu free sudah termasuk servis. Kami layani kalau memang ada permintaan mengecek kondisi frame,” ucap Rendra.

Sebelumnya, AHM melakukan penelitian bersama melalui tim gabungan Kemenhub dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk mengatasi masalah rangka eSAF.

Direktur Marketing AHM Octavianus Dwi Putro mengatakan, pihaknya sangat berhati-hati dalam melakukan penelusuran dan analisa dengan menyelidiki penyebab permasalahan yang dikeluhkan.

Baca juga: Bakal Berlaku Nasional, Uji Emisi Mau Jadi Syarat Perpanjang STNK

Kementerian Perhubungan memanggil PT Astra Honda Motor untuk dimintai penjelasan soal rangka eSAF di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2023)dok.Kemenhub Kementerian Perhubungan memanggil PT Astra Honda Motor untuk dimintai penjelasan soal rangka eSAF di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2023)

"Kami kooperatif membantu kementerian melakukan analisa terhadap keluhan konsumen ini,” ujar Octa, dalam keterangan resmi (31/8/2023).

Lebih lanjut dijelaskan, AHM berkomitmen memberikan layanan terbaik dan bertanggung jawab terhadap kualitas motor yang dipasarkan.

"Kami menyediakan layanan 24 jam melalui contact center Honda 1-500-989 yang dapat diakses dari seluruh Indonesia. Jaringan bengkel resmi AHASS juga akan membantu seluruh kebutuhan perawatan maupun perbaikan motor Honda melalui teknisi yang tersertifikasi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com