Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Tilang Uji Emisi Kendaraan Bakal Diadakan di Tangerang

Kompas.com - 08/09/2023, 15:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengklaim pelaksanaan tilang uji emisi kendaraan DKI Jakarta berlangsung sukses, dan dianggap memberikan implikasi baik.

Walaupun baru dilaksanakan sekali, yakni pada 1 September 2023, ada peningkatan kualitas udara yang cukup signifikan setelah tilang uji emisi.

A. Hariadi, Kepala Suku Dinas DLH Jakarta Barat menjelaskan, setidaknya ada 2 faktor utama yang menyebabkan hal itu. Pertama, adanya penindakan tegas dan langsung menyasar kendaraan dengan kadar emisi tinggi.

Baca juga: Indikasi Oli Palsu Didalangi Mafia, Produsen Dukung Penuh Bareskrim

Tilang uji emisi diberlakukan di jakarta, sempat dikritik beberapa pihakKompas.com/Daafa Alhaqqy Tilang uji emisi diberlakukan di jakarta, sempat dikritik beberapa pihak

Kedua, karena melibatkan pihak Korlantas Polri, menimbulkan efek shock therapy bagi semua lapisan masyarakat, dan memunculkan sikap kehati-hatian lebih.

“Menurut kami (DLH) pelaksanaannya sudah sesuai, sistematis, dan baik. Tinggal persoalan konsistensi saja untuk diadakan secara rutin,” ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (7/9/2023).

Menimbang adanya pencapaian baik itu, Hariadi mengakui jika pihaknysa sudah menerima undangan diskusi dari pemerintahan otonom lainnya, salah satunya dari Pemprov Banten.

Baca juga: Ganti Oli Tidak Menjamin Bisa Lolos Tilang Uji Emisi

Pelaksanaan tilang uji emisi di Mal Taman Anggrek JakartaKompas.com/Daafa Alhaqqy Pelaksanaan tilang uji emisi di Mal Taman Anggrek Jakarta

Dia menjelaskan, ada kemungkinan jika tilang uji emisi akan diselenggarakan pula di Provinsi Banten, khususnya di wilayah Kota Tangerang, yang langsung terhubung dengan DKI Jakarta.

“Kami sempat berdiskusi dengan kawan-kawan dari Pemprov Banten, dan mereka memang meminta saran masukan, soal mungkin atau tidaknya tilang uji emisi diadakan di Tangerang. Menurut kami itu sangat mungkin,” kata dia.

Satu ara yang disoroti oleh Hariadi adalah jalan Daan Mogot dan Kalideres, sebagai salah satu jalan protokoler yang menghubungkan Tangerang dan DKI Jakarta.

Baca juga: Alasan Mitsubishi Menyematkan Wet Mode pada XForce

Mulai 1 September nanti, Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mulai melakukan razia uji emisi kendaraan di 15 titik. Tapi sebelum tanggal tersebut belum akan ada penilangan.Antara via ABC Australia Mulai 1 September nanti, Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mulai melakukan razia uji emisi kendaraan di 15 titik. Tapi sebelum tanggal tersebut belum akan ada penilangan.

“Daan Mogot memang sempa dibahas, karena katanya selalu ramai bahkan waktu malam. Mungkin ini jadi titik tilang uji emisi nantinya,” ucap dia.

Kendati demikan, Heriadi menegaskan jika hal ini masih ada dalam tahap diskusi. Utamanya, tilang uji emisi akan difokuskan di Jakarta dulu, dan diharapkan bisa menjadi pilot project untuk wilayah-wilayah lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com