Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprilia Resmi Rilis RS 457, Motor Sport Ringkas Performa Buas

Kompas.com - 08/09/2023, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aprilia akhirnya resmi memperkenalkan keluarga baru RS yang lebih ringkas, RS 457. Mengambil desain dari kakaknya, RS 457 menawarkan motor sport yang ringkas ditambah performa yang buas.

Dikutip dari Rushlane, secara bodi, desain dari RS 660 dan RSV4 dibawa ke RS 457. Artinya di depan pakai model double fairing, knalpot underbelly dengan desain 2-1 yang menyatu dengan bodi.

Lalu pada lampu depan sudah full LED, modelnya seperti RS 660 dan RSV4. Pada bagian instrument cluster juga dilengkapi dengan layar TFT 5 inci yang modern dan membuat tampilannya elegan.

Baca juga: Aprilia Lebih Pilih Aleix Espargaro Ketimbang Marquez

Aprilia RS 457, motor sport ringkas baru dari ApriliaRUSHLANE Aprilia RS 457, motor sport ringkas baru dari Aprilia

RS 457 bisa dibilang mau mengikuti kesuksesan RS 660 yang cukup laku di Eropa. Makanya formula kombinasi antara motor yang ringan, mudah dikendalikan, dan penuh fitur jadi andalan RS 457, bisa dibawa di trek dan jalanan.

Salah satu fitur yang menarik adalah mesin dua silinder segaris yang memakai pendingin cairan. Mesin ini sudah double camshaft dan punya empat katup per silinder.

Hasilnya, tenaga yang dikeluarkan dari motor tersebut sebesar 48 TK, buas. Ditambah bobot kosongnya yang cuma 159 Kg membuat power-to-weight ratio-nya bagus dibanding pesaingnya.

Baca juga: Bus Baru Karoseri Baihaqi Bernama Antarez, Ambil Inspirasi Bus Brasil


Teknologi dari motorsport juga dibawa ke RS 457, seperti rangka dari aluminium yang menawarkan kekokohan tapi tetap lincah. Pada sistem suspensi, di depan memakai model upside-down sebesar 41mm dengan preload dan monoshock di belakang, terpasang ke swingarm dari besi.

Pada sistem pengereman, di depan memakai cakram berukuran 320mm dengan kaliper Bybre empat piston. Sedangkan di belakang, pengereman memakai cakram berukuran 220mm dan sudah ABS dual-channel.

Bukan itu saja, RS 457 sudah dilengkapi dengan ride-by-wire dengan tiga mode berkendara. Bahkan dari traction control bisa disetel karena ada tiga level dan bisa juga dimatikan.

Aprilia baru memberikan teaser saja lewat iklan. Lebih detail, spesifikasinya baru akan diungkapkan saat rilis sebentar lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com