Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru Karoseri Baihaqi Bernama Antarez, Ambil Inspirasi Bus Brasil

Kompas.com - 07/09/2023, 13:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Body repair Baihaqi Karoseri asal Malang baru saja meluncurkan bus baru untuk PO Garuda asal Makassar. Bus dengan nama Antarez ini mengambil banyak inspirasi dari bus yang ada di Brasil.

Donny Cahyadi pemilik body repair Baihaqi Karoseri menceritakan bus baru buatannya. Bisa dikatakan, bus dengan sasis Mercedes Benz OH 1526 ini hampir semuanya dirombak.

"Rombak total 90 persen, saya bikin bodi full pelat semua, enggak ada fiber," kaya Donny kepada Kompas.com, Rabu (6/9/2023).

Baca juga: Video Dua Bus Pakistan Saling Mepet tapi Kru Tetap Santai

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BUS BODY REPAIR (@baihaqi.karoseri)

 

Untuk bagian luar, bodi dengan nama Antarez ini ambil inspirasi dari bus yang ada di Brasil. Cuma bagian detail seperti spion, ornamen samping, sampai foglamp membawa aura khas bus Indonesia yang agresif.

"Model saya adopsi dari bus Brasil dengan sentuhan kita. Spion baru model Baihaqi, bagasi samping baru juga kaca ganti semua," kata Donny.

Pada bagian interior, semuanya dibikin baru dari plafon, ducting, kisi-kisi AC, rak bagasi, sampai sekat smoking. Bangkunya khas bus di Makassar, super tebal dengan legrest yang nyaman.

Baca juga: Diminati karena Murah, Ketahui Penyakit Umum Datsun Go dan Go+


"Jok jumbo, 28 seat pakai leg rest by Alldila Seats," kata pria paruh baya ini.

Modifikasi lain yang dipasang Baihaqi ada di bagian suspensi, di mana sudah diganti dengan model air suspension. Livery dari PO Garuda ini juga unik, super ramai khas PO bus di Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com