Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Balap MotoGP Catalunya 2023: Drama di Lap Pertama, Aprilia Menggila

Kompas.com - 03/09/2023, 20:05 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Duo pebalap Aprilia Aleix Espargaro dan Maverick Vinales menguasai jalannya balapan pada MotoGP Catalunya 2023, di Sirkuit Barcelona, Catalunya, Minggu (3/9/2023).

Balapan sempat dihentikan oleh race director karena terjadi kecelakaan yang melibatkan banyak pebalap. Sementara itu, Francesco Bagnaia juga mengalami kecelakaan dan sempat terlindas motor pebalap lain, hingga tidak bisa melanjutkan jalannya balapan.

Sementara itu pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin ada di posisi ketiga, dan rekan setimnya Johann Zarco ada di posisi empat. Sedangkan rider RNF Aprilia, Miguel Aprilia ada di posisi kelima.

Berlangsung selama 24 lap, Aleix Espargaro yang memimpin laga usai Francesco Bagnaia tak bisa melanjutkan laga karena crash di tikungan ke-2, pada awal balapan langsung berusaha menjaga posisi dari pebalap lain.

Namun usai tikungan ke-3, posisinya langsung disalip oleh Maverick Vinales dan Jorge Martin yang memang memulai laga dari partai atas. Urutan ini pun terjaga cukup konsisten sampai lima putaran.

Baca juga: Live MotoGP Catalunya 2023: Red Flag Berkibar, Kecelakaan Besar di Lap 1

Drama terjadi di lap pertama dan tikungan pertama saat Enea Bastianini gagal menikung, yang kemudian mendorong Johann Zarco, Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi serta Alex Marquez. Semuanya terseret ke gravel dan mengakibatkan kondisi motor yang rusak

Baca juga: Dani Pedrosa Perpanjang Status Sebagai Test Rider KTM

Aleix Espargaro, Francesco Bagnaia, Maverick Vinales, saat balapan pada Sprint Race MotoGP Catalunya 2023 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (2/9/2023) malam WIB. Artikel ini berisi jadwal siaran langsung MotoGP Catalunya 2023. (Photo by Josep LAGO / AFP)AFP/JOSEP LAGO Aleix Espargaro, Francesco Bagnaia, Maverick Vinales, saat balapan pada Sprint Race MotoGP Catalunya 2023 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (2/9/2023) malam WIB. Artikel ini berisi jadwal siaran langsung MotoGP Catalunya 2023. (Photo by Josep LAGO / AFP)

Tidak berselang lama, Bagnaia yang ketika hendak keluar dari tikungan ke-2, mengalami high side. Penyelenggara pun langsung mengeluarkan red flag yang menandakan balapan ditunda sementara.

Juara dunia MotoGP 2022 itu langsung dilarikan ke rumah sakit dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Sekitar 5 menit ditunda, balapan kembali di mulai. Di mana, Bagnaia dan Bastianini dipastikan absen karena harus melakukan pemeriksaan. Sehingga balapan dipimpin Aleix Espargaro.

Pebalap Aprilia ini pun berusaha agar menjaga posisi terbaiknya itu tidak didahului. Namun ketika keluar dari tikungan ke-3, Maverick Vinales dan Jorge Martin melakukan aksi brilian sehingga menempatkan Espargaro ke posisi tiga.

Sementara Marc Marquez yang memulai balapan dari posisi ke-12 juga tampak agresif untuk bisa mengejar ketertinggalan. Ia berada di posisi ke-8, mendahului Fabio Quartararo sebagai pemenang MotoGP Catalunya tahun lalu.

Baca juga: Live MotoGP: Bagnaia Kecelakaan dan Sempat Terlindas, Dilarikan ke RS

Kedua pebalap Gresini Racing, Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio, saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2023Dok. Gresini Racing Kedua pebalap Gresini Racing, Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio, saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2023

Delapan lap berlangsung, perebutan posisi teratas semakin sengit. Espargaro yang tidak mau membuang momentum akhirnya menyusul Jorge Martin yang kemudian diikuti Miguel Oliviera. Tetapi jaraknya untuk menyusul Vinales masih cukup jauh dengan selisih sekitar 1 detik.

Mengetahui dirinya kesusul, Jorge Martin menajamkan performanya. Namun pada saat yang berasmaan ia mendapat tekanan dari Johann Zarco dari posisi ke-5. Terjadilah perebutan sengit untuk posisi ke-3.

Terisa 10 lap, posisi teratas MotoGP Catalunya 2023 belum juga berubah. Dua pebalap Aprilia yaitu Vinales dan Espargaro semakin meninggalkan para pesaingnya. Hanya satu pebalap Ducati yakni Jorge Martin yang memberikan ancaman.

Adapun Oliveira dan Zarco yang secara berurutan berada di belakangnya masih menunggu momentum untuk bisa menyodok ke depan.

Baca juga: Pelihara Mobil Mesin Diesel, Ternyata Mudah dan Minim Perawatan

Pada saat bersamaan, Quartararo sudah meninggalkan Marc Marquez dan naik ke posisi 7. Kini ia harus melewati Alex Marquez dengan jarak cukup dekat yakni kurang dari 1 detik.

Posisi teratas terus terjaga hingga balapan tersisa 5 putaran. Bahkan jarak antara Espargaro dengan Jorge Martin yang berada di posisi ke-3 semakin jauh dengan gap sekitar 3,7 detik.

Hasil Balap MotoGP Catalunya 2023:

1 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
2 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
3 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)
4 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)
5 Miguel Oliveira POR RNF Aprilia (RS-GP22)
6 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)
7 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
8 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
9 Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*
10 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)
11 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
12 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
13 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
14 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
15 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
16 Iker Lecuona SPA LCR Honda (RC213V)
17 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)
Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
Pol Espargaro SPA Tech3 GASGAS (RC16)
Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP23)
Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com