Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap Bakal Ada Aprilia RS 440, Masih Dites Jalan

Kompas.com - 31/07/2023, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aprilia tampak sedang menyiapkan motor fairing dengan kubikasi 400-an cc. Motor tersebut dirumorkan punya nama RS 440, adik dari RS 660 dan RSV-4.

Dikutip dari Motorcyclenews, motor baru Aprilia ini tertangkap kamera sedang dites jalan ditemani Moto Guzzi Stelvio. Tapi uniknya, RS 440 ditutup dengan bodi yang bertuliskan RS 660 atau kakak besarnya.

Tapi kalau diperhatikan, terlihat bedanya antara motor tes ini dengan RS 660. Pertama di bagian depan, sisi pengereman cakramnya cuma satu, beda dengan RS 660 yang pakai cakram ganda 320mm.

Baca juga: Bos Aprilia Tak Tertarik pada Marquez dan Quartararo

Aprilia RS 440 tertangkap kamera sedang dites jalanmotorcyclenews.com Aprilia RS 440 tertangkap kamera sedang dites jalan

Lalu, terlihat juga dari model swingarm, di mana RS 660 pakai model aluminium, tapi unit tes ini menggunakan model yang lebih sederhana. Tapi kembali lagi, tampaknya ini masih dalam tahap pengembangan, produknya baru diperkenalkan akhir 2023.

Walau belum ketahuan konfigurasi mesin RS 440 seperti apa nantinya, cover crank yang ada di sebelah kiri RS 440 mirip dengan RS 660. Ada kemungkinan mesin yang digunakan adalah dua silinder segaris, cocok lawan Kawasaki Ninja 400, Yamaha R3, dan Honda CBR500R.

Pada bagian bodi pun RS 440 beda dengan RS 660. Seperti di bagian fairing, yang semestinya ada lip, cuma diganti. Jadi nantinya RS 440 dibuat lebih mudah melakukan manuver.

Baca juga: Waspada di Jalan Tol, Ban RFT Robek karena Lindas Potongan Besi di Tengah Jalan Tol


Informasi yang terkumpul soal RS 440 sampai sekarang adalah sudah memakai lampu LED yang terinspirasi RSV4 superbike. Lalu bisa juga ada kemungkinan kembaran model naked ikut diperkenalkan, atau Tuono 440.

Secara posisi duduk tampaknya dibuat lebih nyaman daripada saudara besarnya. Seperti posisi tempat kaki yang rendah dan setang yang dibuat lebih tinggi, makin cocok dipakai harian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com