Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Biskita dengan Rute Terjauh Bubulak-Ciawi

Kompas.com - 08/09/2023, 07:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Layanan Biskita Trans Pakuan kini menjadi salah satu transportasi umum yang bisa digunakan untuk berpergian di wilayah Bogor. Selama mempunyai kartu uang elektronik seperti E-money dari Bank Mandiri, Tap Cash dari BNI, Flazz dari BCA, dan Brizzi dari BRI, penumpang bisa menggunakan layanan bus ini ke beberapa wilayah yang ada di Kota Hujan tersebut. 

Adapun rute yang dilayani oleh bus ini terdiri atas empat trayek yang berbeda. Keempat trayek bus tersebut yakni TPK-01 (Terminal Bubulak-Cidangiang), TPK-02 (Terminal Bubulak-Ciawi via Cidangiang), TPK-05 (Stasiun Bogor-Ciparigi) dan TPK-06 (Parung Banteng-Air Mancur). 

Dari semua rute tersebut, Kompas.com berkesempatan menjajal rute terjauh Biskita yakni TPK-02 yang melayani dari Terminal Bubulak-Ciawi via Cidangiang. 

Baca juga: Ini Perbedaan Range Rover PHEV SE dan Autobiography

Setiap penumpang yang hendak naik layanan bus harus antre di halte dan bergantian naik ke dalam bus melalui pintu depan. Penumpang kemudian menempelkan  kartu uang elektronik pada perangkat Tap on Bus (ToB) yang ada di depan pintu agar di izinkan masuk ke dalam bus oleh sopir. Nantinya saldo yang ada di kartu akan langsung terpotong sesuai tarif  perjalan. 

"Semua trayek tarifnya Rp 4.000," kata salah satu sopir Biskita kepada Kompas.com, Kamis (8/9/2023). 

Seluruh unit Biskita menggunakan jenis medium bus dengan kelir silver dengan livery bunga dan daun yang menyerupai aksen batik unggu di bodi samping. 

Biskita Trans Pakuan KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Biskita Trans Pakuan

Secara spesifikasi, bus menggunakan balutan bodi Nucleus rakitan Karoseri Laksana. Bus tersebut merupakan jenis low entry yang mana akses pintu keluar penumpang menggunakan pintu bukaan belakang bukan pintu tengah.

Ini merupakan jenis bodi bus terbaru baru yang digunakan oleh Biskita, sebab sebelumnya menggunakan model pintu belakang bukaan tengah.

Baca juga: Motor Tidak Lulus Uji Emisi, Ini yang Harus Dilakukan Pemiliknya

Kursi bagian belakang BiskitaKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Kursi bagian belakang Biskita

Pada bagian belakang juga punya desain lampu variasi yang berbeda dan lebih terlihat futuristis. Begitu juga dengan kaca belakang yang ukurannya lebih besar, sehingga visibilitas ke belakang lebih luas.

Sementara itu, pada bagian kabin terdiri dari 14 kursi penumpang. Lalu pada rea paling belakang merupakan kursi dengan model memanjang yang bisa di dudukin oleh sekitar 4 orang penumpang. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com